Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Belum Fokus Rakit Lokal iX dan i4 di Sunter

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW mulai banyak memperkenalkan mobil listrik. Paling baru iX dan i4 yang diperkenalkan pada ajang pameran di Tangerang, Agustus 2022 lalu. 

Kedua mobil tersebut masih berstatuskan completely build up (CBU), alias didatangkan langsung dari pabrikan asalnya, yakni Jerman.

Lantas apakah BMW berniat untuk merakit mobil listrik BMW secara lokal? Mengingat produsen otomotif asal Jerman itu sudah memiliki pabrik Gaya Motor, di Sunter, Jakarta Utara.

Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan, saat ini BMW tengah fokus dengan iX dan i4 dimana keduanya kendaraan listrik tersebut masih berstatus CBU.

“Saat ini masih fokus BMW iX dan i4, keduanya itu adalah CBU dan memang produksinya masih di Jerman, belum ada di luar jerman, jadi memang kami masih fokus ke sana. Dan karena ini baru diperkenalkan tahun ini jadi kita butuh waktu untuk awareness,” ucap Jodie, di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Jodie melanjutkan, BMW sendiri mengalami tren positif atas penjualan mobil listrik di Indonesia. Hal ini terbukti dengan antusiasme konsumen yang memesan iX dan i4 pada ajang GIIAS 2022.

“Kita sangat surprise ketika launching di GIIAS, BMW i menjadi SPK tertinggi di GIIAS untuk model kendaraan listrik, dibandingkan seluruh model BMW,” kata Jodie.

Angka pemesanan yang membludak itu pun membuat konsumen harus menunggu cukup lama agar dapat menggaransikan kedua produk listrik itu.

“Mulai tahun depan di kuartal pertama baru akan mendapat unit (BMW i). Tapi kita tidak bisa komentar tentang SPK atau inden karena kita memang belum tahu itu akan jadi penjualan atau tidak, makanya kita susah untuk komentar tentang itu,” ucapnya.

“Meskipun kita bilang inden sudah berapa lama, tapi di tengah perjalanan ada yang cancel kan kita tidak tahu kan jadi kita belum bisa komentar. Kecuali sudah ada pembayaran atau apapun itu,” tutup Jodie.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/03/132200515/bmw-belum-fokus-rakit-lokal-ix-dan-i4-di-sunter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke