Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulik Desain Eksterior Suzuki Baleno 2022, Semakin Tajam dan Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, redaksi Kompas.com akhirnya dapat mengulik New Baleno yang dibawa oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara rinci.

Pasalnya, kendaraan tersebut membawa banyak perubahan dibanding model sebelumnya baik pada bagian eksterior, interior, sampai fitur dan mesinnya. Sehingga membuat pasar hatchback kembali menarik di pasar dalam negeri.

Hanya saja pada sisi eksterior, perubahan paling signifikan hanya berada di bagian depan atau tampangnya. Lihat saja desain bumper yang kini lebih agresif, menggambarkan mobil perkotaan kekinian sebagaimana para pesaingnya seperti Honda City Hatchback.

Kemudian pada bagian lain, mobil juga mendapat sentuhan sporty mulai dari desain lampu utama, rumah foglamp yang berwarna hitam, dan bentuk gril bermotif sarang lebah.

Uniknya, pada bagian grill tidak semua memiliki lubang udara. Perseroan menjelaskan hal tersebut sengaja dilakukan suapya kotoran yang mungkin masuk ke ruang mesin tidaklah terlalu banyak.

Sementara bagian bolong memang sengaja dibuat agar aliran angin untuk pendinginan radiator dan kondensor AC tidak terganggu.

Pada lampu depannya, jika pada Suzuki Baleno sebelumnya mengandalkan bohlam bertipe HID (High Intensity Discharge). Sekarang, telah menggunakan LED (Light Emitting Diode) dengan projector.

Bedanya, jika HID harus menggunakan ballast untuk mengubah tegangan listrik menjadi lebih tinggi, maka LED tidak perlu menggunakan ballast. Apalagi responnya jauh lebih cepat serta lebih hemat daya.

Beranjak ke bagian samping, perbedaan paling menonjol ialah desain pelek yang sudah two tone dengan desain menyerupai kipas berukuran 16 inci. Sedangkan untuk lekukannya, tak jauh berbeda dengan model terdahulu.

Untuk menambah kesan modern, bagian bawah kaca diberikan garis tipis berwarna krom sampai pilar C. Sentuhan serupa juga diberikan pada handle pintu untuk mengakses ke kabin mobil.

Sayangnya pada bagian belakang Baleno terbaru ini, tidak berubah banyak. Meski begitu ada beberapa sentuhan yang membuatnya terkesan lebih kekinian seperti kehadiran lis krom tebal di tengah pintu yang memisahkan kaca belakang.

Stop lamp dengan bohlam LED tetap dipertahankan guna menambah pencahayaan ke pengemudi di belakangnya. Lalu ada juga sensor tiga titik yang ditempatkan di buritan dekat bemper.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/181200815/ulik-desain-eksterior-suzuki-baleno-2022-semakin-tajam-dan-modern

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke