Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Nissan Kicks Dioperasikan Tanpa BBM?

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks tergolong unik untuk dibicarakan. Sebab, unit ini diperkenalkan sebagai mobil listrik yang dilengkapi generator oleh tim marketing Nissan. Padahal, mobil ini bisa disebut sebagai mobil hybrid dengan rangkaian seri.

Polemik tersebut bertebaran di sosial media, baik dari kalangan penjual, pengguna, atau bahkan influencer. Namun faktanya, mobil ini dilengkapi dengan mesin bakar sebagai pengisi daya baterai. dan dilengkapi motor listrik pula sebagai penggerak.

Jika melihat dari cara kerjanya, sepertinya mobil ini memang cukup aman digunakan meski kehabisan bahan bakar di jalan. Lantas, apakah mobil ini bisa tetap berjalan walau tidak menggunakan BBM?

Kepala Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin, mengatakan Nissan Kicks bisa tetap berjalan meski tidak menggunakan BBM, dan jarak yang ditempuh lumayan jauh.

“Dari pengamatan kami, Nissan Kicks bisa dioperasikan meski tanpa BBM, sama persis dengan mobil listrik, hanya mengandalkan motor dan level daya baterai yang bisa dipantau di layar informasi atau MID,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Dia mengatakan batas penggunaan motor listrik pada Nissan Kicks ditentukan oleh daya baterai yang tersisa selama mesin bakar tidak beroperasi.

“Ketika bensin habis, di layar informasi akan muncul peringatan pertama, tapi mobil tetap akan bisa berjalan bila daya baterainya masih cukup, tapi ketika seharusnya mesin bakar bekerja untuk mengisi daya baterai, mesin tidak akan hidup karena bensin habis,” ucap Jamal.

Dia mengatakan batasan Nissan Kicks bisa dioperasikan tanpa BBM bisa menempuh jarak lumayan jauh.

“Akan muncul peringatan yang kedua, ketika daya baterai menyentuh level 10 persen, di layar informasi memang mobil masih bisa menempuh 100 Km, tapi sebaiknya pengendara memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk membeli bensin ke SPBU,” ucap Jamal.

Dia mengatakan bila dipaksakan, motor listrik pada mobil ini akan berhenti, sehingga tidak bisa melaju sampai mesin bakar terisi bensin kembali.

Jadi, Nissan Kicks bisa saja dioperasikan tanpa BBM selama daya baterainya masih cukup.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/171200215/bisakah-nissan-kicks-dioperasikan-tanpa-bbm-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke