Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Total Ongkos BBM yang Dihabiskan Honda BR-V Rute Jakarta-Aceh

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 baru saja menyelesaikan perjalanan dengan Honda BR-V dari Jakarta sampai ke Banda Aceh. Kami melewati berbagai jenis jalan, dari jalan tol, jalan antar provinsi, sampai bertualang di sekitar dalam kota.

Pada bahasan kali ini, kami akan memberikan data biaya BBM yang kami dapatkan selama perjalanan dari Jakarta ke Banda Aceh. Saat ini sudah terkumpul biaya untuk BBM sebanyak Rp 1.925.000 dalam perjalanan dari Jakarta ke Medan.

Untuk perjalanan dari Medan ke Banda Aceh, kami melewati Tol Medan-Binjai, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, dan Tol Sigli-Banda Aceh.

Saat memasuki Tol Medan Binjai, kontur jalannya terbilang mulus, tidak ada perbaikan jalan. Kami pun keluar di Gerbang Tol Stabat dan melanjutkan perjalanan lewat Jalintim menuju Banda Aceh.

Kondisi Jalintim rute Medan-Banda Aceh bisa dibilang cukup mulus dan lebar, walau memang di awal ada beberapa meter jalan yang cukup rusak. Kami juga menemui jalanan yang baru saja dibersihkan karena longsor di daerah Tamiang.

Kemudian lanjut perjalanan melalui Jalan Medan-Banda Aceh yang cukup lebar. Kondisinya mulus, sehingga mobil bisa berjalan stabil di kecepatan 70-80 Kpj. 

Kemudian dari daerah Bireuen menuju Banda Aceh, kami lewati jalanan yang berkelok-kelok. Walau begitu, aspalnya terbilang mulus, sehingga semakin menyenangkan ketika mengemudi dengan Honda BR-V.

Lanjut dari jalan non-tol, kami pun masuk ke Tol Sigli-Banda Aceh, tepatnya lewat Gerbang Tol Selimeum, tepatnya pukul 01.30 WIB dini hari. Satu jam menempuh jalan yang mulus dan sepi, kami keluar lagi dan langsung kembali masuk Jalan Medan-Banda Aceh.

Berdasarkan data yang didapatkan dari MID, kami menempuh jarak 628 Km. Hasilnya, Honda BR-V yang kami gunakan mencatatkan konsumsi bahan bakar 17,1 Kilometer per liter.

Untuk menghitung biaya BBM dari Medan ke Banda Aceh, maka total jarak ditempuh dibagi dengan konsumsi BBM. Maka dihasilkan jumlah BBM sebanyak 35,28 liter atau dibulatkan jadi 35,3 liter BBM dengan RON 92 (Pertamax).

Untuk biayanya, jumlah BBM tadi dikalikan dengan harga Pertamax yang ada di Medan, yakni Rp 14.200. Hasilnya, perjalanan dari Medan ke Banda Aceh menghabiskan biaya Rp 501.260 atau dibulatkan jadi Rp 501.500 untuk BBM-nya saja.

Total, biaya BBM dari Jakarta ke Banda Aceh adalah Rp 1.925.000 ditambah Rp 501.500, jadi Rp 2.426.500. Biaya ini belum termasuk ongkos tol dan penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/120200515/total-ongkos-bbm-yang-dihabiskan-honda-br-v-rute-jakarta-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke