Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Penyemprot Nyamuk, Bisa Meledak di Kabin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di dunia maya memperlihatkan mobil Toyota Avanza yang sedang diparkir di pinggir jalan meledak dari dalam diduga terjadi karena tabung bertekanan meledak.

Dalam video yang diunggah akun TikTok Bukan Brigadir J, kejadian itu terjadi di dekat Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. Diduga ledakan berasal dari penyemprot nyamuk yang berada di kabin.

Kejadian tabung yang berisi gas bertekanan tinggi seperti korek gas, pengharum ruangan, atau penyemport nyamuk meledak di mobil yang terpapar matahari sebetulnya bukan kasus baru.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, selain terjadinya korsleting listrik ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

“Misalkan korek api gas yang tertinggal di dalam mobil, aerosol (dari pengharum ruangan), power bank ataupun penyebab lainnya,” kata Didi kepada Kompas.com, belum kama ini.

Keberadaan korek api gas di dalam mobil mungkin sudah biasa bagi pemilik yang merokok. Tetapi korek bis berbahaya dan bahkan meledak saat mobil terparkir di tempat yang panas  dan menyebabkan kebakaran.

Power bank yang tertinggal di dalam mobil bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran pada mobil. Power bank bisa saja meledak ketika mengalami panas berlebih, dan kejadian juga sudah pernah terjadi.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, bahkan lap kain yang tertinggal di bagian mesin juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar.

“Meninggalkan kain pembersih di ruang mesin secara tidak sengaja bisa menyebabkan kebakaran. Hal ini disebabkan kain bisa jatuh ke mesin dan menyebabkan trigger kebakaran, dan kita sering ketemu,” kata dia.

Bambang menyarankan, agar pemilik kendaraan jangan sekali-sekali meninggalkan benda apapun terlebih kain di ruang mesin.

“Jadi, ketika selesai mencuci atau membersihkan mobil dan mengelap bagian ruang mesin jangan sampai kain tertinggal,” ucap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/104200115/bahaya-penyemprot-nyamuk-bisa-meledak-di-kabin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke