Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UD Truck Indonesia Sabet Gelar Juara Dunia di Gemba Challenge 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan truk komersial UD Truck Indonesia, berhasil memenangkan kompetisi dua tahunan mengenai purna jual untuk mekanik dalam gelaran Gemba Challenge 2022 di Jepang.

Indonesia bahkan menempati posisi pertama dan kedua di ajang untuk menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) tingkat dunia ini. Sehingga terbukti bila SDM Tanah Air mampu bersaing di kancah internasional.

Gemba Challenge sendiri, merupakan kompetisi akbar yang tidak hanya menguji atas kemampuan mekanik secara individu. Tapi juga staf bagian suku cadang, pelayanan pelanggan, serta prihal yang berkaitan dengan pemecahan masalah bersama.

Sebab peningkatan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan waktu kerja, yang mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan yang kemudian akan menciptakan sistem logistik yang lebih cerdas.

“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi Covid-19, sehingga tidak terbayangkan antusias para peserta dalam menyambut kehadiran kompetisi purnajual yang terbesar di seluruh dunia," kata Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia Ali Rachman dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Ajang tersebut ialah kompetisi keempat sejak tahun 2014, dan ada lebih dari 2.000 peserta perwakilan UD Trucks dari berbagai negara yang mengikuti UD Gemba Challenge tahun ini.

Setelah 4 tahun vakum, tahun ini 6 hub (regional) kembali berkompetisi untuk menjadi tim purnajual yang terbaik di dunia. Kualifikasi Gemba Challenge 2022 ini dimulai pada Februari 2022 dengan dua putaran pertama yang dilakukan secara online (teori) dan putaran final yang digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang selama 9-10 November 2022.

Di putaran final tersaring enam tim, yaitu dua tim dari Indonesia, satu tim dari Afrika Selatan, satu tim dari Arab Saudi, satu tim dari Thailand, satu tim dari Filipina yang berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam penyelesaian masalah terkait kendaraan heavy duty Quester.

Pada kompetisi final Gemba Challenge 2022 kali ini Indonesia menurunkan dua tim, yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang berhasil menjadi juara kedua setelah menyisihkan finalis lainnya.

“Saya merasa sangat bangga bahwa semua tim mekanik UD Trucks utusan dari Indonesia dapat meraih kemenangan sebagai juara dalam kompetisi Gemba Challenge yang diselenggarakan secara global," kata Vice President Director UD AMI, Rachmat Samulo.

"Kontes ini merupakan bukti nyata bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk UD Trucks di Indonesia," tambahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/29/142902115/ud-truck-indonesia-sabet-gelar-juara-dunia-di-gemba-challenge-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke