Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Ongkos BBM Honda BR-V dalam Perjalanan Jakarta-Rantauprapat

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah melewati berbagai kota dalam perjalanan Jakarta-Aceh. Salah satu kota yang kami kunjungi adalah Rantauprapat, Sumatera Utara yang dikunjungi sebelum menuju Medan dari Pekanbaru.

Pada ulasan kali ini, kami menghitung berapa biaya BBM yang digunakan Honda BR-V selama perjalanan dari Jakarta ke Rantauprapat. Sebelnya sudah dihitung jumlah biaya untuk perjalanan dari Jakarta sampai Pekanbaru, yakni Rp 1.312.500.

Kemudian untuk perjalanan dimulai dari Hotel Amaris Pekanbaru sampai ke Permata Land Hotel & Resort, di Rantauprapat, Sumatera Utara. Kalau diperiksa di aplikasi navigasi, jarak yang kami tempuh sejauh 359 Km. 

Kami melewati jalan tol dan non tol. Untuk tol, kami melalui Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dan disambung dengan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera. Rute ini bisa menghemat waktu perjalanan sekitar tiga jam.

Untuk Tol Permai, bisa dibilang sangat mulus kontur jalannya. Bahkan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Permai jauh lebih nyaman, tidak banyak jalan bergelombang.

Selain itu, pada ruas tersebut juga bisa dibilang masih baru, jadi tempat istirahat atau rest area masih temporary (sementara). Walau begitu, fasilitasnya lengkap, seperti mini market, restoran, toilet, musala, sampai pom mini.

Kemudian keluar di Gerbang Tol Bathin Solapan menuju Jalintim Sumatera. Untuk kondisi Jalintim, terbilang ramai dengan truk, selain itu juga beberapa titik ada perbaikan jalan, sehingga menghambat perjalanan.

Berdasarkan data yang ada di MID, Honda BR-V yang kami gunakan berhasil menempuh jarak 367,9 Km. Selama perjalanan tersebut, konsumsi BBM-nya adalah 16,1 kilometer per liter.

Maka, jika dihitung berapa banyak BBM yang digunakan, jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM dan hasilnya adalah 22,85 liter atau dibulatkan jadi Rp 22,9 liter. Kemudian biaya BBM di Pekanbaru untuk Pertamax adalah Rp 14.200, jadi total biayanya jadi Rp 325.180 atau dibulatkan jadi Rp 325.500.

Kemudian, biaya BBM dari Jakarta sampai ke Rantauprapat adalah Rp 1.312.500 ditambah Rp 325.500, yakni Rp 1.638.000. Perlu dipahami, biaya ini belum termasuk ongkos penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/29/112200415/hitung-ongkos-bbm-honda-br-v-dalam-perjalanan-jakarta-rantauprapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke