Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Biaya Bahan Bakar Perjalanan Jakarta-Palembang Pakai Honda BR-V

ACEH, KOMPAS.com - Infrastruktur jalanan di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang, bahkan perjalanan dari Jakarta sampai ke Palembang sudah terhubung dengan tol. Oleh karena itu, tim Merapah Trans-Sumatera 2022 melakukan perjalanan dari Jakarta dengan tujuan akhir Aceh untuk melihat bagaimana perkembangan Jalan Tol Trans-Sumatera.

Kami menggunakan Honda BR-V sebagai kendaraan yang menemani perjalanan dari Aceh sampai ke Jakarta. Untuk etape pertama Jakarta-Lampung, Honda BR-V membutuhkan biaya Rp 200.000-an saja, atau tepatnya Rp 206.000.

Kemudian untuk perjalanan dari Lampung ke Palembang atau etape kedua akan dilalui sejauh lebih kurang 400 Km. Perjalanan kami mulai dari Kota Bandar Lampung dan langsung menuju Gerbang Tol Kotabaru, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Selanjutnya menuju Palembang, kami menggunakan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan keluar di Gerbang Tol Kayu Agung menuju hotel yang ada di sekitar Jembatan Ampera.

Mobil dikemudikan dengan normal, artinya cukup konstan di kecepatan 80-100 Kilometer perjam. Tapi tidak jarang juga BR-V melaju lebih pelan karena terjebak di belakang truk dan ada jalanan yang bergelombang atau sedang diperbaiki.

Hasilnya, Honda BR-V mencatatkan jarak tempuh sejauh 414,6 Km dan konsumsi BBM 15,8 Kilometer per liter (kpl). Jadi satu liter BBM dengan RON 92 BR-V mampu melaju sajauh 15,8 Km.

Sebagai catatan, konsumsi BBM tersebut didapatkan karena berbagai faktor. Untuk kasus kali ini, mobil banyak berhenti untuk keperluan syuting, jadi sebenarnya konsumsi BBM bisa lebih hemat lagi.

Kemudian untuk biaya bahan bakar, pertama dicari dahulu berapa BBM yang dihabiskan, jarak dibagi dengan konsumsi BBM, hasilnya adalah 26,24 liter atau dibulatkan jadi 26,3 liter.

Kemudian, total BBM tadi dikalikan dengan harga Pertamax yang ada di Lampung, yakni Rp 14.200. Jadi biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar dari Lampung ke Palembang adalah Rp 373.460 atau dibulatkan jadi Rp 373.500.

Terakhir, biaya BBM untuk perjalanan dari Jakarta ke Palembang adalah Rp 206.000 ditambah Rp 373.500, jadi Rp 579.500. Perlu diingat ini baru biaya BBM saja, belum termasuk untuk penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan biaya tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/28/110200815/hitung-biaya-bahan-bakar-perjalanan-jakarta-palembang-pakai-honda-br-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke