Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Perjalanan Honda BR-V dari Rantauprapat ke Medan

MEDAN, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 kembali lakukan perjalanan dari Rantauprapat ke Medan, Sumatera Utara. Kali ini, kondisi jalan yang dilewati cukup beragam dan sejauh 285 Km kalau dilihat pada aplikasi navigasi.

Kami mulai perjalanan pukul 7.00 WIB di hari Jumat (25/11/2022). Kondisi jalan Rantauprapat cukup ramai, kami mulai jalan bersama para pekerja dan anak sekolah. Ketika keluar dari daerah Rantauprapat, kami langsung menggunakan Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim).

Kondisi jalannya cukup baik, tidak banyak lubang, hanya saja ada perbedaan tinggi jalan antar jalur yang cukup berbahaya ketika mau menyalip kendaraan di depan. Selain itu, kami sempat terjebak macet saat menunggu pergantian giliran karena ada jalan yang ditutup untuk diperbaiki.

Setelah lewati jalan tersebut, kami pun segera mencari masjid untuk melaksanakan salat Jumat. Mobil pun terpaksa kami jemur di bawah sinar matahari karena kondisi parkiran yang kurang teduh.

Untung saja, Honda BR-V punya fitur Remote Engine Start yang bisa menyalakan mesin mobil dan AC dalam kondisi terkunci. Jadi ketika jalan ke parkiran, mobil bisa dinyalakan terlebih dahulu dan saat masuk, kabin sudah adem dan siap untuk lanjutkan perjalanan ke Medan.

Ketika sampai Tebingtinggi, sudah tersedia tol yang mengarah ke Medan sehingga bisa mempersingkat waktu perjalanan. Kami pun mencoba tol tersebut dan bisa dibilang konturnya mulus, tidak bergelombang, hanya saja harus perhatikan ketika mobil melalui jembatan, jalannya agak bumpy.

Ketika di jalan tol, kami sambil mengaktifkan fitur Honda Sensing seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, dan Road Departure Mitigation System. Ketiga fitur ini sangat membantu pengemudi untuk konsentrasi ke depan, mengingat kendali kemudi serta gas dan rem sudah dibantu sehingga tidak membuat cepat lelah.

Kami pun masuk ke Kota Medan saat malam hari dan sampai di hotel pukul 19.00 WIB. Berdasarkan MID, kami menempuh jarak dari Rantauprapat ke Medan sejauh 298,2 kilometer.

Untuk konsumsi BBM, kami mendapat di angka 14,8 kilometer per liter. Bisa dibilang catatan ini cukup hemat, mengingat kondisi jalan yang macet karena ada penutupan dan melintasi jalan tol yang mulus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/110200115/cerita-perjalanan-honda-br-v-dari-rantauprapat-ke-medan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke