Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nasib Genesis G80 Bekas Kepala Negara di KTT G20 Belum Ditentukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai bekas dipakai oleh Kepala Negara di gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, Genesis G80, belum ditentukan nasibnya.

PT Hyundai Motors Indonesia (HPM) sebagai agen pemegang merek yang menghadirkan mobil tersebut langsung dari Korea Selatan, saat ini masih memamerkannya ke khalayak ramai dan pecinta otomotif di dalam negeri yang penasaran.

"Saat ini belum ada (keputusan), masih di keep sendiri," kata Head of Marketing HMID, Astrid A Wijaya saat ditemui di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Meski demikian, ia mengakui bahwa sudah cukup banyak peminat dari Genesis G80 itu khususnya yang edisi spesial KTT G20 dengan wheelbase lebih panjang sekitar 30 cm dan ada aksen tambahan di interiornya.

Berbeda dengan Ioniq 5 yang juga menjadi mobil official KTT G20, kendaraan terkait kini resmi dijual untuk konsumen Indonesia yang memang sudah melakukan inden. Putusan tersebut dalam upaya mengurangi masa antrean kendaraan yang mencapai 1 tahun.

"Saat ini Genesis G80 masih di tangan kita, belum ada rencana pendistribusian lebih lanjut. Kalau sudah ada, kami akan kabari lagi," ujar Astrid.

Diketahui selama perhelatan KTT G20, Hyundai Indonesia mengeluarkan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang digunakan sebagai kendaraan Kepala Negara.

Lalu, ada 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan 262 unit Hyundai Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari Kepala Negara, rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

Semua Genesis G80 yang dibawa merupakan produk impor langsung dari Korea Selatan. Sementara untuk Ioniq 5, sama dengan model yang ditawarkan ke pasar yaitu rakitan dalam negeri di pabrik HMMID.

Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase sendiri dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 87.2 kWh, tenaga maksimal sebesar 272 kW (370 PS) yang terdiri dari motor penggerak depan dan belakang.

Kendaraan listrik mewah ini dapat mencapai kecepatan maksimal 225 km/jam dengan jarak tempuh hingga 500 km dalam sekali pengisian.

Adapun Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase memiliki panjang keseluruhan 5.222 mm dengan jarak antar sumbu roda atau wheelbase sepanjang 3.227 mm, dan lebar keseluruhan 1.925 mm.

Kini, setelah gelaran KTT G20 Hyundai Indonesia menggelar pameran untuk Genesis G80 dan Ioniq 5 yang digunakan para deligasi negara di acara kenegaraan tersebut. Berlangsung 23-27 November 2022, pameran dilaksanakan di Ashta District 8 SCBD, Jakarta Selatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/24/175930315/nasib-genesis-g80-bekas-kepala-negara-di-ktt-g20-belum-ditentukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke