Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Porsche 911 Dakar, Mobil Sport dengan Kemampuan Off Road

JAKARTA, KOMPAS.com – Porsche baru saja meluncurkan Porsche 911 Dakar untuk medan off-road yang memberikan kenyamanan seperti di jalan raya.

Mobil sport Jerman ini untuk pertama kalinya diperkenalkan dalam pameran otomotif Los Angeles Auto Show.

Model ini dijual secara eksklusif atau terbatas pada 2.500 unit saja. Porsche 911 Dakar hadir dengan konsep Rallye Design Package untuk menggambarkan tampilan mobil pemenang Rally Paris-Dakar tahun 1984.

Berdasarkan laman resmi Porsche, detail mobil ini mencolok pada bagian ground clearance yang 50 milimeter lebih tinggi dari 911 Carrera yang juga hadir dengan suspensi sport.

Kemudian, Porsche 911 Dakar juga memiliki sistem lift standar sehingga ground clearance memiliki tinggi 30 millimeter.

Pada pengaturan high level mobil ini tersedia untuk perjalanan off-road yang ambisius dengan kecepatan hingga 170 km/jam. Di atas kecepatan itu, mobil secara otomatis turun kembali ke level normalnya.

Lalu, untuk atribut mobil sport off-road ini kian lengkap, disematkan ban Pirelli Scorpion All Terrain Plus yang dikembangkan secara khusus dengan ukuran 245/45 ZR 19 ban depan dan 295/40 ZR 20 pada ban belakang.

Porsche 911 Dakar menggunakan mesin tiga liter biturbo enam silinder dengan 480 PS (353 kW) dan torsi maksimum 570 Nm, untuk memberikan performa superior dengan suara boxer yang memikatm dan mampu berlari dari 0 hingga 100 kpj dalam 3,4 detik.

Agar performa off-road jadi maksima, mobil ini menghadirkan dua mode berkendara baru berupa saklar putar di roda kemudi.

Pertama adalah mode Rallye yang sangat ideal untuk medan dengan permukaan yang longgar dan tidak rata, serta fitur all-wheel drive yang berfokus pada belakang.

Kemudian ada mode high clearance yang dapat diaktifkan secara otomatis. Mode ini dirancang untuk traksi maksimum di medan yang sulit dan di atas pasir.

Kedua mode berkendara baru ini juga memungkinkan akselerasi yang mengesankan pada permukaan yang longgar dan memungkinkan roda selip sekitar 20 persen.

Di bagian interior, 911 Dakar menonjolkan ambisi sporty-nya dengan jok standar full bucket dan penghilangan jok belakang. Kaca yang ringan dan baterai yang ringan memungkinkan Porsche 911 Dakar berbobot hanya 1.605 kg.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/20/120100215/porsche-911-dakar-mobil-sport-dengan-kemampuan-off-road

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke