Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendapatan Astra Otoparts Moncer Semester III-2022

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) berhasilan mencatatkan kinerja positif di kuartal III-2022 dengan membukukan laba bersih Rp 831,69 miliar.

Jika dibandingkan dengan periode yang saman dari tahun sebelumnya, emiten suku cadang grup Astra ini alami peningkatan laba bersih 86,7 persen.

Bukan hanya laba bersih, AUTO juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan bersih yakni Rp13,49 triliun dari Rp11,04 triliun periode yang sama di tahun sebelumnya.

Artinya ada pertumbuhan pendapatan 22,23 persen di periode ini. Peningkatan ini mendorong laba bruto AUTO naik 38,01 persen menjadi Rp1,91 triliun di bulan sembilan tahun ini.

Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya mengatakan, jika moncernya laba dan pendapatan bersih perseroan dibandingkan dengan kuartal III-2021 karena adanya peningkatan penjualan dari OEM, REM, dan ekspor.


“Hal tersebut seiring dengan kenaikan demand akan produk dan layanan yang dihasilkan, diantaranya melalui Astraotoshop.com, Astra Otoservice, dan Shop&Drive,” kata Wanny kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Untuk penyumbang laba, porsi terbesar disumbang dari suku cadang mobil. Sementara itu suku cadang motor ada di posisi kedua.

“Terkait dengan laba mohon maaf kami tidak bisa disclose detailnya. Namun, secara porsi penjualan per 9M22 kontribusi penjualan ke sparepart motor yaitu 39 persen, untuk mobil yaitu 57 persen dan sisanya untuk industri lainnya,” kata Wany.

Pendapatan segmen perdagangan juga meningkat 11,05 persen dari Rp 5,61 triliun menjadi Rp 6,23 triliun. Kemudian, Astra Otoparts juga alami pertumbuhan aset dari Rp16,94 triliun di periode sebelumnya menjadi Rp18,44 triliun pada periode ini.

Usai mencatatkan kinerja positif ini, Wany mengatakan jika kedepannya Astra Otoparts akan mengimplementasikan strategi yang berfokus pada keunggulan operasional dalam mencapai cost leadership dan efisiensi melalui mengoptimalkan portofolio produk, peningkatan terhadap proses dan automasi serta melakukan leverage trading business.

“Kami juga melakukan percepatan digitalisasi baik di sisi trading maupun manufacturing.Di bisnis trading perseroan, kami optimalisasikan dengan platform digital yang kami miliki yaitu www.astraotoshop.com,” kata Wany.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/15/082200015/pendapatan-astra-otoparts-moncer-semester-iii-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke