Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Harus Dilakukan jika Aki Mobil Soak?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi aki mobil memang susah diprediksi masih bagus atau tidak hanya dengan mengandalkan perasaan.

Bahkan, sering terjadi aki tekor secara tiba-tiba setelah mobil parkir. Hal itu tentu saja cukup merepotkan pengendara, terlebih lagi bila saat dalam perjalanan.

Lantas, apa sih yang sebaiknya dilakukan bila aki mobil tekor?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan saat aki mobil tekor hal yang perlu dilakukan adalah memastikan apakah benar aki tersebut yang rusak atau hal lain.

“Pertama, ini penting sekali yaitu memastikan apa benar aki yang mengalami tekor atau ada masalah lain pada mesin, karena banyak ditemui sebenarnya aki mobil masih cukup bagus tapi saat distarter panjang, seperti aki mengalami tekor,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan untuk memastikan apa benar aki yang tekor, hal pertama yang perlu dipastikan adalah memeriksa terminal aki.

“Periksa terminal akinya, apakah kendor atau tidak, ada terminal positif dan negatif pada aki, itu aman untuk dipegang menggunakan tangan, goyangkan saja untuk memeriksanya bila tidak kendor, maka dapat disimpulkan terminal aki aman,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan setelah terminal aki terpasang dengan baik, maka langkah selanjutnya bisa mencoba untuk menstarter mobil lagi.

“Coba beberapa kali lagi untuk menstarter mobil, siapa tahu masalah hanya karena terminal aki yang kendor, sambil memutar kontak sesekali bisa menyalakan lampu bila lampu redup ketika motor starter aktif, maka dapat dipastikan akinya sudah tekor,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan bila aki sudah tekor maka solusinya harus memanggil tukang aki untuk mendapatkan pertolongan.

“Kalau memang aki tekor, solusi paling baik ya diganti, kalau pun dalam kondisi yang kepepet, misal jauh dari toko aki, maka bisa meminta tolong mobil lain untuk dilakukan jumper aki, itu bisa menolong untuk sementara sampai ke bengkel atau toko aki terdekat,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan tidak perlu memaksakan aki yang sudah tekor, karena itu justru bisa merusak motor starter.

“Jangan memaksakan, misal sudah terkonfirmasi bahwa akinya yang tekor, maka sebaiknya jangan terus menstarter mobil, itu bisa merusak motor starternya,” ucap Iqbal.

Jadi, ketika aki mobil Anda tekor maka sebaiknya perlu dikonfirmasi terlebih dulu apa benar aki yang tekor atau karena masalah lain. Anda juga bisa memanggil tukang aki, atau menjumper aki untuk darurat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/14/161200715/apa-yang-harus-dilakukan-jika-aki-mobil-soak-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.