Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Matikan Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor?

SEMARANG,KOMPAS.com - Aki tekor pada mobil matik jadi masalah serius. Namun apakah sudah tahu salah satunya dikarenakan salah dalam hal pengoperasian transmisi. 

Beberapa kasus aki tekor terjadi karena pemilik tidak paham mengenai prosedur mematikan mesin mobil matik yang benar. 

"Mobil matik dengan kunci keyless aki tekor karena posisi gigi di netral (N). Pada posisi tersebut, kelistrikan mobil masih aktif Acc (accessory) yang mengalirkan arus ke masing-masing komponen," ucap Teguh Dwi Harianto, Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022). 

Aki tekor bisa langsung terjadi dalam waktu semalam. Hal itu karena saat posisi Acc, arus listrik akam tetap mengalir menuju komponen kelistrikan, seperti power window, lampu kabin, dan head unit. 

Hasilnya, ketika pertama kalinya menghidupkan mesin, aki tidak kuat untuk starter karena tidak menerima aliran listrik dari alternator. 

"Banyak yang tahunya mesin mati posisi sudah off. Jadi, akan kaget ketika pagi-pagi mobil akan digunakan tidak bisa starter," ucapnya. 

Kuncinya, sebelum meninggalkan kendaraan bisa memperhatikan apakah posisi tuas transmisi benar-benar sudah berada di P (parking).

Teguh menyarankan, pemilik mobil matik selalu memaksimalkan penggunaan fitur shift lock, terutama bila kondisi mobil saat akan parkir harus dalam posisi netral.

"Saat mesin sudah mati, harus dipastikan posisi tuas berada di P . Agar aman, pastikan fitur-fitur seperti AC, lampu senja, dan head unit sudah off," ucapnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/14/094200915/mitos-atau-fakta-matikan-mobil-matik-di-posisi-n-bikin-aki-tekor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke