Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Bus Tingkat Jadi Rumah Berjalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus tingkat di Indonesia memang masih jadi moda transportasi jarak jauh seperti AKAP atau pariwisata. Namun berbeda dengan yang dilakukan keluarga Ron dan Byrke yang mengubah bus tingkat jadul jadi rumah berjalan atau motorhome.

Dikutip dari Motor1, bus yang digunakan adalah Neoplan Skyliner tahun 1992 yang bisa menampung 90 penumpang. Ron membeli busnya tahun 2011 dengan harga 15.000 Euro atau setara Rp 240 jutaan.

Selama modifikasi dilakukan, dari yang awalnya 90 bangku, kini cuma ada 11, tiga di dek bawah bagian kabin pengemudi, empat di dapur, dan empat lagi di dek atas, menghadap ke depan.

Ron menggarap motorhome ini dengan serius, semua bagian kabin didesain lewat komputer. Modifikasi berlangsung selama lima tahun, sampai 2016 secara perlahan.

Untuk dek bawah, ada ruang pengemudi dengan dua bangku penumpang, kemudian di belakangnya ada tangga pertama ke dek atas, tepatnya kamar anak. Lalu, di sebelah tangga ada dapur yang lengkap dan meja makan.

Baru lah di sebelah dapur ada tangga kedua yang menjadi akses ke kamar utama. Secara sederhana, di dek atas bagian belakag adalah tempat kamar Ron dan Byrke, di tengah-tengah ada kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub.

Dari kamar mandi juga dibuat pintu akses menuju kamar anak model buk bed yang disusun bertingkat. Baru di bagian depan kamar anak, dipasang empat bangku yang menghadap ke depan, jadi bisa menikmati pemandangan selama bus berjalan.

Bus dengan panjang 12 meter dan tinggi hampir 4 meter ini benar-benar dibawa overlanding oleh pemiliknya. Sekali jalan, bus membawa hampi 600 liter air bersih dan hampir 100 liter air bersih khusus untuk memasak dan memanaskan ruangan.

Selain itu, dipasang juga AC di lantai bawah maupun atas ketika sedang jalan-jalan ke tempat yang panas. Ron juga melakukan insulasi yang baik pada kabin agar tidak kedinginan saat jalan-jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/12/130200915/modifikasi-bus-tingkat-jadi-rumah-berjalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke