Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Ada Honda WR-V, Cek Perbandingan Harga SUV Murah November 2022 | SUV Tangguh Republik Motor Ksatria, Dibekali Mesin Mercy G-Class

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V hadir sebagai pendatang baru di Tanah Air yang meramaikan segmen low sport utility vehicle (LSUV), alias SUV murah pada November 2022.

Dengan tiga varian yang disediakan, PT Honda Prospect Motor (HPM) memasarkan WR-V mulai dari Rp 271,9 juta hingga Rp 309,9 juta untuk tipe tertinggi yang dilengkapi Honda Sensing.

Menariknya, Honda WR-V hadir tanpa ada pilihan transmisi manual. Mulai model terendah, yakni WR-V E yang dijual Rp 271,9 juta sudah langsung disematkan transmisi CVT.

Sementara itu, Republik Motor membawa dua unit mobil yang unik ke Indo Defence Expo & Forum. Mobil tersebut punya nama Ksatria, ada yang model SUV lima pintu dan double cabin.

Secara tampilan, saat awal melihat memang jadi terbayang Mercedes Benz G Class namun lebih streamline modelnya. Tapi ternyata, mobil ini sebenarnya punyak merek Force Motors dari India dengan nama Gurkha.

Jadi bisa dikatakan kalau Republik Motor bekerja sama dengan Force Motors untuk membawa Gurkha ke Indonesia. Tapi di Indonesia, namanya diganti jadi Ksatria dan rencananya akan diproduksi secara lokal.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Jumat (4/11/2022).

1. Ada Honda WR-V, Cek Perbandingan Harga SUV Murah November 2022

Tentu ini hal ini akan menjadi nilai lebih. Pasalnya, melirik salah satu rival dengan kubikasi mesin yang sama, yakni Hyundai Creta, untuk varian terendah dengan harga Rp 288 juta masih menggunakan transmisi manual enam percepatan.

Namun dibandingkan duet Rocky dan Raize, memang banderol WR-V transmisi CVT masih lebih mahal. Pasalnya, Toyota dan Daihatsu memiliki varian yang lebih luas.

Selain kehadiran WR-V, untuk segmen SUV murah November 2022 ini rupanya juga sudah ada beberapa revisi harga dari produk keluaran Nissan dan Kia.

2. SUV Tangguh Republik Motor Ksatria, Dibekali Mesin Mercy G-Class

Dari tampilannya, memang mirip dengan Mercedes Benz G-Class, tampak dari lampu utamanya yang bulat dan lampu sein di atas kap mesin. Selain itu, desainnya juga mengotak.

Apalagi jika dilihat dari samping, tidak banyak tarikan garis yang tegas, sangat sederhana. Pada bagian belakang pun sama, mengotak, lampu kombinasi LED dan ada bando untuk ban serep.

Secara mesin, Ksatria dibekali mesin dari Mercedes Benz, OM 616 yang legendaris. Mesin diesel dengan kapasitas 2.600 cc menghasilkan tenaga 91 TK dan torsi 250 Nm.

3. Tilang Manual Ditiadakan, Makin Banyak Pelanggaran

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak melakukan penindakan tilang secara manual atau secara langsung di jalan. Instruksinya tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, tanggal 18 Oktober 2022 yang lalu.

Meskipun tilang manual ditiadakan, petugas kepolisian akan tetap berjaga di jalan untuk memberikan teguran dan imbauan bagi pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas. Surat tilang yang dimiliki anggota kepolisian juga sudah ditarik.

Untuk memaksimalkan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE), Polda Metro Jaya berencana untuk menambah 73 kamera ETLE di sejumlah wilayah hukumnya per tahun depan. Kamera ETLE yang dimaksud adalah ETLE statis dan mobile.

4. Skema Kredit Motor Listrik Segway N90C, Cicilan Mulai Rp 900.000-an

Dalam masa peralihan menuju era elektrifikasi, motor listrik nampaknya bisa menjadi salah satu alternatif untuk mulai meninggalkan kendaraan konvensional. Harganya terbilang lebih murah, serta pilihannya saat ini sudah beragam.

Produsen otomotif juga tengah gencar dalam memperkenalkan produk motor listriknya ke masyarakat. Harga motor listrik saat ini dibanderol di angka Rp 10 jutaan sampai dengan Rp 80 jutaan.

Ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan pengguna motor sebelum membeli motor listrik, di antaranya adalah kenyamanan dan jarak tempuh. Mengingat motor listrik tidak memakai bensin, pengendara perlu motor yang memiliki kapasitas besar sehingga bisa dipakai untuk penggunaan harian.

5. Bahas Desain Eksterior Honda WR-V, Penantang Kuat Raize-Rocky

Debut perdana Honda WR-V di dunia telah resmi dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek Honda Indonesia, Rabu (2/11/2022).

Bergenre small sport utility vehicle (SUV), mobil ini akan menjadi penantang kuat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sudah lebih dahulu datang dan memimpin pasar.

Tentu, sebagai penantang, produk yang dikembangkan dari Honda SUV RS Concept selama lima tahun ini membawa sejumlah aspek menarik. Apalagi, perseroan menyebut WR-V didesain khusus mengikuti kondisi Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/05/061953315/populer-otomotif-ada-honda-wr-v-cek-perbandingan-harga-suv-murah-november

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.