Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Masalah Pembakaran, Ini yang Bikin Mesin Mobil Ngelitik

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk menjaga akselerasi dan performa mobil tetap prima, pemilik wajib memperhatikan urusan perawatannya. 

Apalagi untuk mobil modern dengan sistem injeksi, perawatan relatif mudah karena tak harus ada penyetelan manual. 

Sistem kompresi bahan bakar diatur oleh electronic control unit (ECU). Poin krusial yang membutuhkan perawatan jumlahnya terbatas, menyangkut pengapian, jalur bahan bakar, dan aliran udara. 

Kompresi mesin kendaraan mengandalkan komponen throttle body yang mengatur ritme kebutuhan bahan bakar masuk ruang bakar. 

Jika komponen tersebut kotor, efeknya tenaga mesin dan konsumsi bahan bakar langsung terasa loyo.

Lantas apakah gejalanya sama seperti ruang bakar bermasalah? 

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, gejala ruang bakar mesin bermasalah dan throttle body kotor sama saja. 

Pengendara yang peka terhadap perbedaan performa biasanya akan merasakan mesin lambat jika berakselerasi. Saat pedal gas diinjak mendadak terdengar bunyi mesin ngelitik. 

"Sama gejalanya, saat akselerasi mesin spontan rasanya jadi berat. Udara yang masuk tidak sesuai apa yang terbaca oleh ECU," katanya kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022). 

Throttle body yang kotor juga bisa dijadikan patokan kondisi ruang bakar kendaraan kurang sehat. 

Menurut Kempes, kotoran yang menumpuk di kupu-kupu valve throttle body merupakan sisa endapan dari karbon dari dalam ruang bakar. 

"Kepala piston yang penuh kotoran kerak karbon overload saat proses kompresi. Saat katup bukaan gas throttle body terbuka, udara keluar dari ruang bakar sudah terkontaminasi partikel kotoran," ucapnya. 

Deteksi throttle body yang sudah kotor pun bisa dilihat dari warna ujung elektroda busi. Jika warnanya kehitaman menandakan kompresi mesin bermasalah.

"Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar  tidak seimbang karena throttle body penuh kotoran. Pengapian mesin tidak seimbang, jadi busi berwarna hitam, menandakan kompresi miskin udara," kata dia. 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, throttle body berdasarkan fungsi dikategorikan sarana sirkulasi udara.

Filter udara, intake manifold, dan throttle body terhubung satu jalur mengatur pasokan udara sesuai kebutuhan mesin. 

"Komposisi kompresi mesin injeksi prosesnya tergantung tiga skema rangkaian sistem yang diatur seluruhnya perangkat ECU. Pertama aliran bahan bakar, pasokan udara, dan pengapian berjalan normal. Jika tidak bisa tersinkronisasi dengan baik kompresi terganggu," ucap Bambang. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/03/103100815/selain-masalah-pembakaran-ini-yang-bikin-mesin-mobil-ngelitik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke