Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Mengecas Baterai Mobil Listrik Wuling Air ev yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan terhadap mobil listrik tentu sedikit berbeda dengan mobil konvensional. Khususnya, dalam hal pengecasan baterai.

Salah satu mobil listrik yang sekarang ini tengah digandrungi masyarakat adalah Wuling Air ev. Mobil ramah lingkungan berukuran kompak tersebut sudah mulai sering terlihat wara-wiri di jalanan.

Dalam hal pengecasan, Air ev juga memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sehingga, performa baterai dapat awet dan tetap bekerja secara optimal.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, sistem pengisian daya Air EV telah dilengkapi dengan proteksi terhadap overcharging.

"Pengisian hingga 100 persen tidak memberikan imbas negatif yang signifikan, selama proses dan peralatannya sesuai standar," ujar Danang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Agar baterai Air ev memiliki usia pakai yang panjang, Danang menyarankan konsumen untuk selalu menggunakan peralatan charging sesuai standar.

"Lalu, pastikan bahwa instalasi listrik rumah mampu menyalurkan daya listrik dibutuhkan dengan aman dan stabil, serta dianjurkan selalu mengisi daya sebelum SOC (state-of-charge) mencapai 20 persen.

Untuk daya yang dibutuhkan, minimal 2.200 watt. Tapi, itu pun hanya untuk kebutuhan mobil listrik saja, tidak bisa dicampur dengan penggunaan barang elektronik lainnya.

Wuling saat ini membanderol Air ev mulai Rp 238 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 311 juta (OTR Jakarta). Mobil listrik ini hadir dengan tiga varian, yakni Standard Range, Long Range, dan Long Range with Charging Pile.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/29/072200515/begini-cara-mengecas-baterai-mobil-listrik-wuling-air-ev-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke