Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Motor Sport Harus Pakai Oli Mesin yang Encer

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak hanya teknologi pada mobil yang mengalami kemajuan, namun sepeda motor juga mengalami hal yang serupa.

Beberapa mesin motor sport modern dibuat lebih ringkas dan ringan. Hal itu tentu saja membuat celah atau jarak antar komponen yang bersinggungan semakin rapat.

Seperti halnya piston yang dibuat lebih rapat dengan dinding silinder, hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan kompresi pada ruang bakar.

Tujuan lain dari perapatan antar komponen salah satunya mencegah terjadinya bahan bakar menyusup masuk ke ruang pelumas. Tentu itu hal yang tidak diinginkan.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana, mengatakan mesin-mesin modern membutuhkan oli yang lebih encer.

"Karena jarak yang lebih rapat tadi, mesin-mesin motor sekarang membutuhkan viscosity pelumas yang encer. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin dapat terlumasi dengan baik.Terlebih lagi untuk motor sport yang menuntut mesin bekerja lebih keras dan cepat," ucap Brahma, Rabu (26/10/2022).

Oli yang dikategorikan punya viskositas atau tingkat kekentalan rendah alias encer itu maksudnya baik suhu rendah atau tinggi oli tetap dalam keadaan encer yang sesui dengan kebutuhan mesin.

Kadar oli SAE 10W-40 tentu saja berbeda dengan oli berspesifikasi SAE 5W-30. Melihat perbandingannya, pelumas kedua yaitu 5W-30 jelas punya viskositas lebih encer.

Faktanya, oli seperti demikan dibutuhkan oleh motor-motor terbaru seperti untuk sepeda motor jenis sport bermesin 250 cc ke atas. Faktanya pula, pelumas demikian pun ditawarkan oleh PT. Pertamina Lubricants melalui Pertamina Enduro 4T Sport.

Selain SAE 5W-30, pelumas buatan anak bangsa ini juga diramu bagi pemburu akselerasi dan tenaga maksimal. Untuk diketahui, produk ini menggunakan base oil full synthetic dan sudah memenuhi standardisasi JASO MA2 dan API SL.

"Penggunaan oli Pertamina Enduro 4T Sport dapat meningkatkan akselerasi dan power motor secara maksimal. Selain itu, oli ini memberikan perlindungan terhadap mesin yang sangat baik," ucap Brahma.

Dilansir dari situs resmi Pertamina Lubricants, oli Enduro 4T Sport direkomendasikan dan cocok untuk semua jenis motor sport baik itu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Ducati hingga KTM.

Sementara itu, oli dengan kemasan isi 1 liter ini dijual dengan harga Rp 185.000 (HET). Banderol tersebut masih sangat kompetitif dibanding rival sekelasnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/26/151219315/alasan-motor-sport-harus-pakai-oli-mesin-yang-encer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke