Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tantangan Chery Gaet Kepercayaan Pasar Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil asal China, Chery akan kembali ke Indonesia. Untuk menggebrak pasar SUV kelas atas, Chery memperkenalkan dua SUV yaitu Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Selain berkutat dengan citra mobil China yang masih dianggap miring sejumlah orang, tantangan Chery ialah mengembalikan kepercayaan konsumen Indonesia yang pernah ditinggalkan.

Apalagi, Chery punya sejarah masam karena sempat masuk pasar Indonesia lewat PT Unicor Prima Motor di bawah naungan jaringan Grup Indomobil pada 2008, tetapi dianggap produk gagal.

Pengamat otomotif, Bebin Djuana mengatakan, tantangan Chery cukup berat. Selain harus mengobati luka lama, agen saat ini juga bermain di ceruk SUV yang secara pasar tidak begitu besar.

Seperti diketahui, pasar mobil paling laris di Indonesia ialah MPV yang terkonsentrasi di low MPV. Kemudian baru segmen-segmen lain ternasuk SUV, adapun market paling kecil ialah sedan.

"Kalau Chery saya lihat tantangannya beda kalah tadi harus mengobati luka lama. Kalau ini lain, kok masuk di ceruk yang susah ceruknya kecil not volume maker," kata Bebin yang ditemui di Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

"Dia di Chili SUV nomor satu, ya dia jujur dia bukan bilang Chery nomor satu, tapi di mana market SUV (dia pertama). Artinya kan dia belajar, latihan," kata Bebin.

Chery bukan merek baru di Indonesia. Chery pertama kali masuk pada 2006 melalui Indomobil Group membuat perusahaan patungan bersama Chery Automobile Co.Ltd bernama Unicor Prima Motor.

Pada 2011 keagenan Chery dilepas dan pada 2012 muncul nama baru Chery Mobil Indonesia (CMI). Tak lama pada 2013 Chery disebut sudah tidak "bernyawa" alias tidak melakukan penjualan dan kemudian menghilang.

Pada 2022 Chery kembali dengan memperkenalkan dua SUV andalan yaitu Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Dua produk ini sudah diperkenalkan lebih dulu dan rencananya akan meluncur tak lama lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/24/110200815/tantangan-chery-gaet-kepercayaan-pasar-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke