Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Fitur Kia Carens dan Hyundai Stargazer

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, kini semakin ramai dengan hadirnya Kia Carens dan Hyundai Stargazer.

Carens menyasar kelas MPV dengan banderol Rp 389 juta sampai Rp 449 juta. Sedangkan Stargazer masuk ke MPV murah dengan rentang harga mulai Rp 243,3 juta hingga Rp 307,1 juta.

Dengan perbedaan harga yang cukup jauh antara Carens dengan Stargazer, fitur apa saja yang ditawarkan kedua mobil?

Untuk Carens, untuk sistem penerangan sudah full LED di bagian depan. Sedangkan belakang, lampu kombinasinya juga sudah LED kecuali lampu mundur.

Sedangkan Stargazer, memang sudah dilengkapi dengan DRL dan lampu utama yang LED, namun lampu sein dan fog lamp masih bohlam. Begitu juga di belakang, lampu malam sudah LED, sedangkan lampu sein dan mundur masih memakai bohlam.

Masuk ke kabin, Carens menawarkan fitur seperti sun roof, ventilated seat, sampai sensor parkir di bagian depan dan belakang. Carens juga memberikan wireless charging pad di bagian bawah dasbor.

Sedangkan Stargazer unggul pada sistem driver asisstance dengan nama Hyundai Smart Sense. Beragam fitur keselamatan disematkan seperti Forward Collision-avoidance assist, Lane Following Assist, High Beam Assist, Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Collision avoidance assist.

Tapi keduanya juga sudah dilengkapi dengan enam airbag, sampai cruise control. Perbedaan lainnya adalah Carens punya ambience light yang bisa diganti warnanya, sedangkan Stargazer, cuma ada satu warna.

Soal head unit, keduanya punya unit yang tampak serupa, begitu juga fiturnya seperti Apple CarPlay dan Android Auto yang wireless. Bedanya, Carens sudah dilengkapi dengan speaker dari Bose.

Beralih ke baris kedua, baik Carens dan Stargazer tersedia pilihan bangku captain seat. Namun Carens, punya dua meja lipat di baris kedua, sedangkan Stargazer hanya satu sisi saja.

Kemudian, Carens juga dilengkapi dengan tirai di pintu penumpang belakang. Jadi untuk menambah privacy, Carens lebih mumpuni fiturnya.

Jadi, kalau misalnya mencari mobil yang nyaman dan terasa lebih premium fiturnya, bisa mencoba langsung Kia Carens. Sedangkan Stargazer menawarkan mobil dengan fitur pintar seperti asisten mengemudi yang canggih.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/18/164100215/adu-fitur-kia-carens-dan-hyundai-stargazer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke