Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Hujan, Ular Masuk ke Honda Beat

Dalam video yang diunggah akun TikTok Refendi Aktor, terlihat ular tersebut cukup besar. Saat coba ditarik menggunakan tang, ular yang tidak diketahui jenisnya tersebut mencoba makin masuk ke bagian mesin.

Kejadian ular masuk ke area motor bukan sekali terjadi. Sebelumnya kejadian ini beberapa kali pernah diketahui. Salah satunya Agung Kurniawan yang diketahui pernah mengalami hal serupa.

"Jadi sehari sebelum mogok, saya sempat ke Senayan Golf, parkir di belakang yang deket danau. Di bawah pohon, kayaknya masuknya dari situ. Mesin motor yang hangat bikin motor tertarik masuk," kata dia saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2022).

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, hal seperti ini bisa saja terjadi apalagi saat musim hujan karena ular mencari tempat yang hangat yang mana di motor ialah bagian mesin.

“Ular kan suka mencari tempat yang hangat dan kering, makanya suka berlindung di mesin mobil ataupun dasbor motor. Apalagi jika motor di parkir di daerah yang cenderung masih banyak habitat ularnya, contoh di dekat sawah,” ujar Endro kepada Kompas.com.

Selain itu, Endro mengatakan, motor yang sudah lama tidak digunakan atau dipanaskan memang bisa menjadi tempat bersarang binatang yaitu tikus, dan tikus bakal mengundang ular.

“Mungkin awalnya hanya singgah, namun kalau kendaraan sudah tidak lama digunakan bisa dijadikan sarang. Hal ini harus diperhatikan oleh pemilik motor, karena jika hewan yang bersarang adalah tikus, bisa jadi ia merusak kabel kelistrikan sehingga akan merusak part kendaraan,” ucap Endro.

Endro menyarankan, pemilik kendaaran sebaiknya selalu memperhatikan lokasi parkir kendaraan, pastikan area tersebut aman tidak dan tidak ada binatang yang bersarang.

“Selain itu wajib untuk memanaskan kendaraan minimal dua hari sekali untuk menjaga kinerja mesin motor,” kata Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/18/080200715/musim-hujan-ular-masuk-ke-honda-beat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke