Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kia Siap Produksi Mobil di Indonesia, Model Apa Saja?

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha yang kini jadi APM merek mobil Kia di Indonesia berencana untuk lakukan CKD lini produknya. Mengingat saat ini seluruh model yang dijual masih CBU atau impor.

Sebut saja Kia Grand Carnival yang diimpor dari Korea, lalu ada Sonet, Seltos, dan Carens yang dimpor dari India. Lalu model apa yang lebih dahulu akan diproduksi oleh Kia di Indonesia?

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, pihaknya masih mempelajari semua model yang sekiranya bisa lebih dahulu diproduksi.

"Kita mempelajari semua model, mana yang paling memungkinkan untuk tercepat, terdahulu, diproduksi di assembling," ucap Ario di Tangerang, Rabu (12/10/2022).

Ketika ditanya apa produk yang mau diproduksi dalam negeri, Ario masih tidak mau menjawab. Namun dia mengatakan sudah mengirim proposal ke Kementerian Perindustrian.

"Jadi kita masih mempelajari baik mobil komersil, mobil besar, mobil kecil, kita sudah kasih proposal ke perindustrian, saya belum bisa bilang untuk modelnya apa," kata Ario.

Untuk waktunya, Ario ingin bisa dilakukan secepatnya. Rencananya, fasilitas pabrik dari Indomobil akan digunakan karena masih ada yang tersedia untuk melakukan perakitan.

"Kalau pengennya kapan, pengennya secepatnya. Karena persiapan CKD yang benar itu minimum 18 bulan, tapi kita enggak bilang sudah mempersiapkan dari kapan," ucap Ario.

Kalau diperkirakan, Kia Sonet bisa jadi yang pertama diproduksi lokal, mengingat permintaannya yang paling besar. Kemudian di posisi kedua ada Carens yang diterima cukup baik oleh orang Indonesia.

"SPK nomor 1 masih Sonet sekitar 200 (unit) per bulan, dilanjut Carens 100an, Seltos 50-60, Carnival 30-40 sebulan," ucap Ario.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/13/174100715/kia-siap-produksi-mobil-di-indonesia-model-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke