Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Mana, Toyota Vios atau Mazda 2 Sedan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Vios di pasar dalam negeri.

Menyasar segmen sedan, mobil yang dibawa langsung dari Thailand ini akan menjadi lawan tangguh bagi beberapa nama lainnya. Salah satu rival terkuatnya adalah Mazda 2 Sedan.

Keduanya sama-sama dibekali mesin 1.500 cc dengan rentang harga yang hampir sama. Lantas, jika keduanya disandingkan mana yang lebih unggul?

Menyimak dari atas kertas, kedua mobil ini menyajikan spesifikasi yang tak berbeda jauh. Dari segi dimensi, Vios memiliki ukuran panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Sementara Mazda 2 sedan punya panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.479 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.570 mm.

Artinya, secara dimensi Vios memiliki ukuran yang lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dari Mazda 2 Sedan.

Dari sisi tampilan, Vios terbaru tampak lebih modern tetapi juga agresif. Hal ini terlihat dari grill berbentuk trapezoidal ekstra besar yang mendominasi di bagian wajahnya, dan dibalut bilah hitam bergaya tiga dimensi.

Terdapat grill tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan.

Pada bagian kaki-kaki, Vios kini pelek berukuran 17 inci dipercayakan untuk dapat meningkatkan rasa berkendara Vios terbaru dengan desain lebih futuristik.

Sementara Mazda 2 Sedan tampil dengan desain yang elegan dan lebih sporty dengan grill khas Mazda berbahasa desain Kodo.

Lampu depan menggunakan LED projector dengan auto on/off dan dikombinasikan dengan DRL. Hal ini membuat tampilan Mazda 2 Sedan semakin mewah.

Adapun pada bagian kaki-kaki, Mazda dibekali dengan pelek yang ukurannya lebih kecil dari Vios yakni 16 inci.

Pada sisi interior, Toyota membekali Vios dengan head unit layar sentun 9 inci desain mengambang di tengah dasbor yang menyajikan kemudahan dan kenyamanan akses pada sistem hiburan kendaraan.

Sementara untuk Mazda 2 Sedan dibekali dengan head unit layar sentuh dengan ukuran yang lebih kecil yakni 7 inci.

Baik head unit Toyota Vios maupun Mazda 2 Sedan, sudah bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android.

Menyoal jantung pacu, Vios Gen-4 mengadopsi mesin baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 104 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5 speed atau CVT.

Untuk Mazda 2 Sedan, dibekali mesin Skyactive G 1.496 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 111 Tk pada 6.000 rpm dengan tosi maksimal 144 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.

Pada sektor keselamatan, Vios anyar sudah dilengkapi teknologi yang cukup mumpuni, yaitu Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) Pedal Missoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW) and Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam, Rear Cross Traffic Alert (RTCA), Adaptive Cruise Control (ACC) hingga Front Departure Alert (FDA)

Sementara, Mazda 2 Sedan dilengkapi dengan ABS, EBD, BA, Dynamic Stability Control (DSC), serta Traction Control System (TCS). Adapun teknologi BSM dan RCTA sistem Airbag yang diklaim mampu memberikan keamanan maksimal jika terjadi tabrakan frontal.

Bicara soal harga, Toyota Vios dibanderol mulai dari Rp 314,9 juta sampai Rp 368,4 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Sedangkan Mazda 2 Sedan dibanderol dengan harga Rp 388 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/13/134100615/pilih-mana-toyota-vios-atau-mazda-2-sedan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.