Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Gesits, ITS Kembangkan Motor Listrik buat Pegunungan Papua

ITS merupakan kunci pengembangan Gesits. ITS adalah perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya, Jawa Timur. Salah satu kampus di bidang sains dan teknologi terbaik di Indonesia.

Rektor ITS Mochamad Ashari mengatakan, usai turut serta membangun Gesits sampai besar seperti sekarang, pihaknya kini sedang mengembangkan motor listrik baru yang dikhususkan untuk pedalaman di Papua.

Hal itu disampaikan Ashari di seminar nasional bertajuk "100 tahun industri otomotif Indonesia, Teknologi Energi Terbarukan untuk Transisi Menuju Net-Zero Emission dan Tantangannya".

"Energi terbarukan sangat erat kaitannya dengan otomotif, yaitu mobil listrik. Kita semua tahu bahwa ITS, di sini pusat dilahirkannya riset-riset tentang teknologi otomotif, satu di antaranya sepeda motor Gesits yang sekarang sudah bisa kita jumpai kita beli di seluruh pelosok Indonesia, bahkan sudah diekspor ke beberapa negara," kata Ashari di kampus ITS, Surabaya, Selasa (11/10/2022).

"Saat ini kita juga sedang mendesain sepeda motor listrik khusus untuk daerah pegunungan di Papua. Di sana juga dibangun stasiun pengisian menggunakan tenaga matahari," kata dia.

Meski demikian, Ashari tidak memerinci motor baru tersebut, baik urusan teknis maupun kapan motor tersebut jadi dan dapat dilihat publik.

Gesits sendiri saat ini sudah punya satu model, yaitu Gesits G1. Soft launching produk pertama itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan mengendarai Gesits di Istana Kepresidenan, Jakarta, awal November 2018.

Gesits G1 meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Tampilannya serupa dengan motor matik konvensional. Motor ini memiliki eksterior yang kompak dan sudah dilengkapi beragam fitur canggih.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/12/072200915/usai-gesits-its-kembangkan-motor-listrik-buat-pegunungan-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke