Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Baru PO Subur Jaya dan PO Efisiensi di Busworld SEA 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) secara simbolis menyerahkan Hino Bus yang bodinya dibuat oleh Karoseri Adiputro kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya di ajang Busworld SEA 2022, Kamis (6/10/2022).

Secara simbolis, bus dengan sasis Hino RK260 yang dipasang ke bodi Jetbus 3+ MHD. Tomoki Hattori, Direktur HMSI berterimakasih kepada PO Subur Jaya dan PO Efisiensi yang loyal menggunakan sasis Hino.

"Bus RK260 sendiri merupakan rajanya bus di Indonesia, dan merupakan favorit para pengusaha PO Bus karena memang mesinnya yang andal dan mudah dalam perawatan”, ungkap Tomoki Hattori dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (6/10/2022).

PO Efisiensi yang bermarkas di Kebumen Jawa Tengah banyak melayani jalur selatan Pulau Jawa, terutama Yogyakarta hingga Cilacap dan sebaliknya. PO Efisiensi selalu menghadirkan armada-armada bus baru yang mayoritas menggunakan bus Hino, untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan perjalanan setiap harinya.

Dengan armada yang prima dan pelayanan yang maksimal dan selalu mengutamakan segala kebutuhan penumpang dengan baik, membuat PO Efisiensi menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan tujuan kota di selatan Pulau Jawa.

Sementara PO Subur Jaya merupakan salah satu operator bus pariwisata besar asal Rembang, Jawa Tengah. Untuk menjaga layanan yang prima, PO Subur Jaya selalu melakukan peremajaan busnya setelah 3 tahun dan mengantinya dengan unit bus terbaru.

Hino sendiri selalu menjadi pilihan utama para perusahaan otobus baik itu melayani bus pariwisata, antar kota antar propinsi (AKAP), maupun transportasi untuk dalam kota. Hal ini dapat dibuktikan melalui data Gaikindo per Agustus 2022, Hino berhasil menguasai 53 persen market share bus besar dan menjadi market leader di Indonesia.

Khusus Euro 4, Hino memiliki line up terdiri dari AK 240 yang bermesin depan, RK yang merupakan model terlaris Hino dan yang terbaru ada RM 280. RM 280 jadi senjata Hino dengan menawarkan air suspension tipe wide dan space frame sehingga punya bagasi yang lega.

Produk baru Hino khususnya Euro 4 kini dilengkapi dengan 10 baut roda, sehingga lebih kuat menahan beban. Kemudian di sisi mesin, Hino mengembangkan piston engine dengan material terbaru, yaitu Ferrum Casting Ductile (FCD) dengan tetap mempertahankan keunggulan oil gallery yang digunakan untuk piston engine J08E Euro 4.

Piston FCD dan oil gallery tersebut, mempunyai ekspansi termal yang lebih kecil sehingga cocok digunakan pada angkutan jarak jauh nonstop. Selain itu, pada bus Hino kini terdapat juga overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

“Dengan berbagai pengembangan Hino Bus Euro4 semakin menambah keuntungan bagi para pengusaha bus. Karena Hino Bus sudah terbukti sangat efisien dan ekonomis dalam perawatan, serta suku cadang yang mudah didapat. Sehingga bisnis menjadi sangat menguntungkan," kata Hattori.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/07/101200315/bus-baru-po-subur-jaya-dan-po-efisiensi-di-busworld-sea-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke