Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesiapan Indonesia Menggunakan Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan listrik merupakan teknologi yang mencuat beberapa tahun terakhir di Indonesia. Kendati menjadi hal baru, Pemerintah terus berusaha mendorong ekosistem kendaraan listrik secara nasional.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, tren kendaraan listrik disambut baik oleh Indonesia.

“Kita juga menyambut baik kehadiran tren kendaraan listrik, meski kita tertinggal jauh karena negara lain sudah masuk kendaraan hidrogen dan tenaga surya. Namun, penting untuk kita semua mulai beradaptasi ke kendaraan listrik, salah satunya untuk mengurangi pencemaran udara yang dicemari oleh buangan gas dari emisi kendaraan,” kata Bambang di sela-sela acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022), Kamis (29/9/2022).


Bukan hanya melindungi dari pencemaran udara saja, Bambang juga mengatakan langkah menggunakan kendaraan listrik merupakan kesiapan untuk menghadapi kehabisan sumber energi minyak dan gas di masa depan.

Langkah Indonesia mewujudkan elektrifikasi kendaraan kian diperkuat dengan berbagai merek kendaraan meluncurkan mobil, bus, dan motor berbasis listrik. Namun, tingginya harga kendaraan listrik masih menjadi tantangan dalam mencuri hati pasar. 

Di sisi lain, beberapa infrastruktur kendaraan listrik juga tengah disiapkan di beberapa wilayah Indonesia.

Pada acara yang sama dalam kesempatan berbeda, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani menyebutkan bahwa ekosistem infrastruktur kendaraan listrik perlahan sudah mulai menunjukkan kesiapan.

“Saat ini berdasarkan status Mei 2022, di Indonesia jumlah SPKLU ada 332 unit dan jumlah SPBKLU ada 369 unit,” kata Sripeni, Rabu (28/9/2022).

SPKLU merupakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum, sedangkan SPKBKLU adalah stasiun pengisian baterai kendaraan listrik umum. DKI Jakarta menjadi daerah terbanyak dengan dua fasilitas ini, yaitu 113 SPKLU dan 243 SPKBKLU.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/30/110200815/kesiapan-indonesia-menggunakan-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke