Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bamsoet: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Era Kendaraan Listrik

Akan tetapi, saat ini Indonesia masih menjadi negara yang belum pernah memproduksi kendaraan listrik secara massal dan komersial.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyayangkan jika situasi ini belum bisa dimanfaatkan oleh Indonesia.

“Sebenarnya membangun kendaran listrik jauh lebih mudah dibanding membuat atau membangun kendaraan konvensional. Kalau kendaraan konvensional itu terdiri dari 8.000 item atau lebih yang harus disusun. Tapi kalau listrik hanya ratusan, jantungnya hanya baterai,” kata Bambang di sela-sela acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022), Kamis (29/9/2022).

“Apa karena konglomerasi dan perusahaan besar dalam artian masih banyak yang belum mampu? Tapi kan harusnya bisa,” kata Bambang.

Dari sisi kesiapan, Bambang menyebutkan jika Jakarta dari secara regulasi dan aturan sudah melangkah cukup jauh bagi kendaraan listrik.

Misalnya bagi kendaraan listrik yang lintas jalan raya bebas aturan ganjil genap, bagi kendaraan listrik yang parkir gratis serta ada pajak diskon.

Di kota lain misalnya di Nusa Dua Bali bahkan sudah punya punya aturan bagi jalan raya dilarang dilewati oleh kendaraan konvensional. Motor mobil sewaan harus berbasis listrik. Kemudian di Nusa Tenggara Barat. 

“Langkah-langkah ini sebuah kemajuan kendaraan dengan baik,” kata Bambang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/29/202329715/bamsoet-indonesia-harus-bisa-manfaatkan-era-kendaraan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke