Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dokar Listrik Karya Anak SMK Mejeng di IEMS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 menjadi ajang unjuk gigi para peserta, salah satu yang cukup menarik ialah peserta dari SMKN 3 Mataram yang memajang Dolis atau "Dokar Listrik."

Sesuai namanya Dokar Listrik, kendaraan ini merupakan konsep alat angkut penumpang yang dimodifikasi jadi modern. Jika dokar identik ditarik menggunakan kuda, maka Dolis menggunakan motor listrik.

Secara tampilan Dolis masih mengingatkan bentuk dokar konvensional terutama bentuk tempat duduk belakang yang memanjang dan berhadap-hadapan, namun bagian depannya sudah diganti motor roda tiga niaga.

Didi Rahman, siswa kelas 12 SMKN 3 Mataram yang ada di lokasi, mengatakan, Dolis merupakan salah satu program di sekolah yang bertujuan menggabungkan konsep lokal dan modern.

"Kita buat lima bulan dari awal sampai jadi. Kami masih prototipe pertama. Semua dibiaya dari sekolah, biaya lebih dari Rp 45 juta," kata Didi yang ditemui Kompas.com, Rabu (29/9/2022).

Didi mengatakan untuk saat ini Dolis bisa mengangkut lima orang. Meski aslinya tempat duduk belakang berbentuk huruf "U" bisa memuat sembilan orang sehingga total sepuluh orang bersama pengendara.

"Lima orang, bobotnya bisa sampai 400 kg. Iya tapi tergantung motornya (dinamo), kalau motornya lebih besar maka orang, bobotnya itu bisa lebih besar," kata dia.

Didi mengatakan, harapannya Dolis bisa terus dikembangkan dan kemudian dipakai di wilayah-wilayah destinasi wisata yang ramah lingkungan seperti Gili.

"Tapi sebelum dijual kita butuh penyempurnaan lagi, mulai dari keselamatan dan kenyamanan. Dari suku cadang juga kalau kita mau jual. Bukan cuma jual tapi juga spare parts dari teknik juga," kata dia.

Spesifikasi Dolis

  • Motor: 1,5 Kw
  • Baterai: VRLA 55ah
  • Kecepatan: 40 kpj
  • Jarak tempuh: 40-60 km
  • Pengecasan: 4-5 jam
  • Daya angkut: 600 kg
  • Bobot: sekitar 300-400 kg
  • Pengecasan manual

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/29/064200315/dokar-listrik-karya-anak-smk-mejeng-di-iems-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke