Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aman atau Tidak Pakai Kampas Kopling Aftermarket untuk Motor Sport?

SEMARANG, KOMPAS.com - Seiring pemakaian, kampas kopling sepeda motor akan aus yang membuat tenaga mesin juga mengalami penurunan. 

Karena itu, untuk menjaga performa tetap prima, maka diperlukan pergantian. Sebagai pilihan, tersedia produk original dan aftermarket.

Keduanya sepintas terlihat sama, justru perbedaan mendasar ada pada bahan baku pembuatan. Kampas kopling racing biasanya bahan baku pembuatanya adalah karbon kevlar.

Jika pilihannya performa, memang kampas ini sangat tepat dan menjadikan tarikan mesin responsif. 

Kemat, Pemilik Bengkel Kemat Jaya Motor Demak mengatakan, bedanya dengan kampas kopling bawaan, produk aftermarket menawarkan keunggulan berupa ukuran celah kampas lebih presisi. 

"Kampas kopling racing lebih menggigit dibanding original. Hasilnya performa bagus, dirasakan dari akselerasi mesin enteng dan bertenaga," ucap Kemat kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2022). 

Menurutnya, cocok dan tak ada masalah digunakan harian. Justru performa mesin lumayan meningkat, bisa dikategorikan modifikasi ringan. 

Pergantian komponen juga tinggal pasang tanpa perlu penyesuaian ulang di blok mesin. 

"Harian oke, cocok di kombinasikan mesin standar. Selain performa jadi responsif usia pakainya jika malah lebih awet. Bahan kevlar lebih tahan gesekan. Aman digunakan sampai diatas 25.000 kilometer (Km)," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin mengatakan, penggunaan kampas kopling motor sport aftermarket tidak direkomendasikan. 

"Ada risiko fatal yang bisa terjadi. Komponen aftermarket dan ORI ada perbedaan kualitas dan spesifikasi," kata Rofiudin. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/28/113100415/aman-atau-tidak-pakai-kampas-kopling-aftermarket-untuk-motor-sport-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke