Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota bZ Sedan Segera Hadir, Menyusul bZ4X

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota rencananya akan merilis produk lanjutan dari bZ series yakni bZ Sedan di China dan Eropa tahun 2024. bZ Sedan akan menjadi mobil listrik Toyota kedua yang rilis setelah bZ4X.

Pasar pertama yang dituju bZ Sedan adalah China mengingat di sana segmen sedan masih diminati. Berbeda dengan kebanyakan negara yang saat ini lagi demam dengan mobil bergaya SUV.

Dikutip dari Autocar, prosepek bZ Sedan di Eropa nampak meyakinkan walaupun baru dirilis 2024. Selain itu, sedan listrik Toyota ini akan jadi saingan langsung dengan Tesla Model 3.

Secara spesifikasi, bZ Sedan menggunakan platform khas dari Toyota yakni E-TNGA. Untuk urusan produksi bZ Sedan, Toyota juga bekerja sama dengan BYD dan tentu menggunakan teknologinya soal baterai.

BYD punya inovasi baru pada jenis baterai yang dinamai teknologi Blade lithium iron phosphate. Teknologi ini diklaim lebih aman, dimensinya kompak, sehingga bisa menambah kelegaan kabin.

Secara dimensi, bZ Sedan punya panjang 4.725 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.475 mm. Kalau dibandingkan, bZ Sedan bisa jadi suksesor Toyota Corolla yang bebas emisi.

Berdasarkan spesifikasi yang tersebar di Kementerian Industri dan Teknologi China, bZ Sedan akan punya tenaga 175,5 TK atau 234,7 TK, berat 1.710 Kg sampai 1.840 Kg dan kecepatan puncak 160 kpj.

Untuk jarak tempuhnya memang belum diketahui. Namun jika dibandingkan dengan BYD Atto 3 yang sepsifikasinya hampir mirip, bZ Sedan bisa menempuh 420 Km dengan kapasitas baterai 64,5 kWh.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/23/132100315/toyota-bz-sedan-segera-hadir-menyusul-bz4x

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.