Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Indonesia Disebut Lebih Modis Dibanding Bus Eropa

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan desain bus yang ada di Indonesia saat ini semakin maju. Bahkan setiap karoseri punya ciri khas masing-masing, jadi membuat jalanan dipenuhi model bus yang beragam.

Bahkan secara model, desain bus buatan Indonesia dibilang lebih keren daripada yang ada di Eropa. Seperti yang dikatakan Sommy Lumadjeng, Ketua Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo).

Sommy mengatakan, pabrikan Eropa mungkin memang canggih, teknologinya banyak, tapi soal model, Indonesia masih lebih bagus.

"Eropa mungkin sudah terlalu sombong untuk jualan produknya. Dia pikir mungkin saat ini produk dia luar biasa, tapi enggak juga," kata Sommy di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Sommy menjelaskan, bus-bus di Eropa jarang melakukan pembaruan dalam hal desain. Bahkan dikatakan kalau modelnya jarang sekali diganti, sampai rusak pun tetap sama.

"Orang Indonesia itu lima tahun scrap (bodi lama), ganti model, baju sudah lusuh. Kalau di Eropa, mungkin sampai rusak pun busnya masih dipakai. Kita orang Indonesia ini lebih modis," ucap Sommy.

Selain itu, semenjak adanya Busworld pertama di Indonesia di 2019, berbagai negara luar senang dengan produk bus Indonesia. Sebut saja Bangladesh, Myanmar dan sebagainya kini menjadi target market bus buatan Indonesia.

"Saya pernah tanya ke mereka, kenapa enggak beli bus dari Eropa? Mereka bilan bus Eropa harganya mahal, bisa tiga kali dari yang ada di Indonesia dan modelnya jelek," kata Sommy.

Karoseri di Indonesia bisa dibilang masih padat karya, dan biaya pekerjaannya masih lebih murah. Oleh karena itu, dengan kualitas yang baik, produk yang dijual jadi punya harga yang kompetitif.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/22/152100315/bus-indonesia-disebut-lebih-modis-dibanding-bus-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke