Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumor Citroen C3 Bakal Masuk Indonesia, Intip Spesifikasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama menghilang, Citroen dikabarkan bakal kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air tahun ini di bawah PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil Group).

Kehadirannya akan melengkapi jajaran merek asal Perancis yang sudah ada, yakni Renault dan Peugeot. Lantas, produk dari segmen apa yang kira-kira bakal ditawarkan Citroen untuk konsumen di Tanah Air?

Dari salah satu sumber Kompas.com, kabarnya Citroen bakal membawa C3 untuk pasar Indonesia sekaligus menjadi pesaing untuk Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan lainnya di segmen compact SUV.

Citroen C3 sendiri sudah resmi mengaspal di India pada Juli lalu. Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, bila dikonversi ke Indonesia, banderolnya mulai dari Rp 100 hingga Rp 150 jutaan.

Melihat sedikit spesifikasinya, mobil bergaya SUV compact ini datang dengan dua pilihan mesin, yakni 1.200 cc turbo dan 1.200 cc naturally aspirated (NA) tiga silinder. Keduanya merupakan kendaraan dari keluarga C-Cubed pertama yang diproduksi di Thiruvallur, Tamil Nadu, India.

Dapur pacu 1.200 cc NA diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 Ps atau 80,8 tk dan torsi maksimal 115 Nm dengan transmisi manual lima percepatan. Sementara untuk versi turbonya, dari segi power sedikit lebih besar, yakni 108 tk dan torsi 190 Nm.

Melihat dari yang disajikan pada situs resmi Citroen India, C3 diklaim memiliki tingakt efisiensi bahan bakar yang cukup baik, yakni 19,8 kpl untuk 1.200 Na, dan 19,4 untuk yang versi turbo.

Sayangnya, pilihan transmisi otomatis ternyata belum ditawarkan Citroen untuk pasar India, dan baru akan hadir sebagai opsi ke depannya.

Untuk pasar India, Citroen C3 sendiri menjadi rival dari Suzuki Ignis, Baleno, Nissan Magnite, Tata Punch, Hyundai i20, sampai Renault Kiger.

Melihat dari kemungkinan produk yang jadi SUV murah Citroen hadir di Indonesia cukup besar, apalagi adanya ikatan ASEAN-India Free Trade Area (AIFTA).

Meski demikian, jangan terlalu berharap banderol Citroen C3 untuk Indonesia akan semurah India. Bisa saja harganya justru melambung.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/22/123100715/rumor-citroen-c3-bakal-masuk-indonesia-intip-spesifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke