Salin Artikel

Operator Bus Kesulitan Isi Solar padahal Harga Sudah Naik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah menaikkan harga solar subsidi pada awal September 2022. Semula solar yang dijual Rp 5.150, naik menjadi Rp 6.800 per liter.

Efek dari kenaikan harga BBM tersebut berpengaruh pada biaya operasional perusahaan otobus (PO). Oleh karena itu, imbasnya adalah tarif tiket bus yang ikut naik.

Masalah harga solar yang naik bisa diatasi, tetapi muncul kendala lain. Mengingat solar yang digunakan adalah subsidi dari Pemerintah, maka penggunanya harus didaftarkan lewat aplikasi MyPertamina.

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, berharap agar solar subsidi tidak sulit untuk diperoleh seusai harganya dinaikkan.

"Saat ini isunya MyPertamina. Kami harus register di mana itu agak sulit. Selain itu, mengenai safety (keamanan) data juga masih diragukan," ucap Anthony di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Anthony menceritakan pengalamannya saat mengisi solar memakai aplikasi MyPertamina. Ketika dimasukkan pelat nomornya sebelum isi, malah tercatat bahwa kendaraannya harus diisi Pertalite, padahal bus memakai solar.

"Dimasukkan nomor polisinya, keluar di situ bahwa kendaraan ini harusnya Pertalite. Ya itu enggak mungkin, masa bus minumnya Pertalite. Jadi ada kesalahan data,” ucap Anthony.

Selain itu, ada juga kejadian QR code sudah digunakan oleh kendaraan lain, padahal tidak sesuai dengan datanya. Hal seperti ini yang bisa dimanipulasi, soal data kendaraan yang sudah terkumpul.

“Ini yang masih menjadi problem, harapannya hal-hal seperti ini ditiadakan. Kalau memang misalkan (harga BBM) sudah naik, ya harusnya barangnya terjamin," ucap Anthony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/21/070200215/operator-bus-kesulitan-isi-solar-padahal-harga-sudah-naik

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.