Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Redam Keresahan Cacat Produksi Ioniq 5 via Media Sosial

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial video seorang pria yang mengungkapkan kekecewaannya lantaran cat Hyundai Ioniq 5 miliknya mengelotok atau mengelupas.

Kejadian bermula saat pemilik Ioniq 5 yang diketahui bernama Bernard, sedang melindungi door seal plate dengan menggunakan lakban agar tidak tergores. Namun, ketika dilepas, cat yang terkena lakban pada bagian pinggir ikut terkelupas. Padahal, seharusnya hal tersebut tidak seharusnya terjadi.

Setelah videonya viral, mobil Hyundai Ioniq 5 milik Bernard langsung ditarik oleh pabrik untuk dilakukan perbaikan.

Berselang sepekan, Hyundai Ioniq 5 miliknya telah kembali dengan keadaan sempurna, di mana cat mobil sudah tidak mengelotok atau mengelupas saat terkena lakban.

Melalui akun media sosialnya, Bernard menjelaskan bahwa bagian yang mengelupas tersebut merupakan cat touch up yang digunakan untuk melapisi bagian atau part cat yang terlalu tipis, di mana hal tersebut tidak seharusnya terjadi.

Bernard pun mengatakan, bahwa tim Hyundai sudah mengubah formula cat dan meningkatkan standar QC agar tidak timbul masalah seperti ini lagi kedepannya.

Lantas, mengapa pihak Hyundai belum melakukan recall Hyundai Ioniq 5 khususnya dengan warna Gravity Gold Matte jika memang kemungkinan mengalami cacat produksi?

Mengingat populasi mobil yang masih relatif sedikit, seharusnya akan lebih mudah untuk pihak Hyundai umumkan recall dan menghubungi konsumen satu per satu untuk perbaikan.

Sebab bisa saja ada konsumen atau pemilik Hyundai Ioniq 5 yang tidak menggunakan media sosial, sehingga tidak mengetahui permasalahan ini.

Terkait hal ini tim redaksi sudah mencoba menghubungi Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID). Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban.

Bahkan, awak redaksi juga sudah menghubungi Head of Before Service Department PT HMID Putra Samiaji, untuk menanyakan soal kemungkinan cacat produksi dan recall Hyundai Ioniq 5.

“Terkait video soal pengelupasan cat di mobil Ioniq 5, untuk pengurusan dengan unit pelanggan sudah selesai dan sudah diterima dengan baik oleh pelanggan terkait,” ucap Putra kepada Kompas.com, Selasa (15/9/2022).

Ia pun menyarankan kepada para pemilik Hyundai Ioniq 5 agar segera melakukan pengecekan ke diler terdekat untuk memastikan kondisi mobilnya.

“Untuk para pelanggan tidak perlu khawatir karena setiap unit pelanggan termasuk Ioniq 5 itu sudah mendapatkan garansi dari Hyundai. Namun apabila ada concern atau kekhawatiran terkait unit mobilnya dapat segera melakukan pengecekan ke dealer terdekat untuk memastikan kondisi mobil para pelanggan dalam kondisi yang baik,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/15/172727315/hyundai-redam-keresahan-cacat-produksi-ioniq-5-via-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke