Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahan Baku Baterai LFP buat Kendaraan Listrik Masih Impor

Akan tetapi harga kendaraan listrik hingga saat ini masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan harga kendaraan konvensional.

Baterai menjadi komponen yang paling mahal dari ekosistem kendaraan listrik. Kendati saat ini saat ini pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia tengah bersiap, namun permasalahan tingginya harga dari baterai kendaraan listrik masih belum bisa mendapatkan kabar segar.

Bahkan, untuk bahan baku dari baterai yang akan dikerjakan di dalam negeri masih impor dari luar negeri.

Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan jika bahan baku bukan dari impor belum tentu bisa menyelesaikan persoalan harga kendaraan listrik.

“Itu balik lagi ke Pemerintah, perekonomiannya masih kurang jelas. Pemerintah ini perlu bicara perekonomian yang pro kepada investor atau kepada program kendaraan yang membuat lingkungan tambah bersih. Ini kan harus ada ketegasan dari Pemerintah,” kata Yannes kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Yannes menyebutkan jika bahan baku baterai LFP masih dari China dan masih sedang proses smelter. Alhasil bahan baku baterai dalam negeri saat ini belum siap.

Kendati ekosistem kendaraan listrik di Indonesia masih belum siap sepenuhnya, Yannes mengatakan jika masyarakat akan berpindah menggunakan kendaraan listrik jika sudah punya jaminan dari Pemerintah.

“Begitu dia beli kendaraan listrik dan keluar uang yang lebih besar, barang yang dibeli ini harus bisa memenuhi harapan dia. Harus ada jaminan kualitas kalau Pemerintah tidak mau subsidi,” kata Yannes.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/14/140100515/bahan-baku-baterai-lfp-buat-kendaraan-listrik-masih-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke