Salin Artikel

Imbas Kenaikan BBM, Mobil Diesel Bekas Sepi Peminat

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo belum lama ini resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk Pertalite, Solar, dan Pertamax.

Rinciannya, harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Pertamax naik dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter, sedangkan Bio Solar dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter.

Kenaikan harga BBM tersebut ternyata turut berdampak pada peminat mobil bekas, khususnya untuk yang bermesin diesel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Andi, salah satu pedagang mobil bekas dari diler Jordy Motor MGK Kemayoran. Menurutnya, penjualan mobil bekas bermesin diesel cukup terpengaruh akibat kenaikan dari harga BBM.

“Cukup pengaruh ya. Kalau dulu masih bisa pakai BBM subsidi, tapi sekarang kan di daerah sudah tidak bisa, karena kan di daerah kalau mau beli BBM mesti daftar pakai aplikasi,” ucap Andi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Kenaikan BBM tak hanya memengaruhi minat mobil bekas diesel, namun juga turut berpengaruh pada harga jual mobil bekasnya.

“Pada dasarnya memang pasar diesel lagi lumayan redup, karena semua lagi beralih ke bensin, mau itu Toyota Innova atau Fortuner, peminatnya cukup turun jauh. Harga pun juga turun, tapi tidak jauh, paling hanya Rp 10 juta,” katanya.

Hal senada juga dirasakan oleh Joni Gunawan salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua. Ia juga mengatakan bahwa kenaikan harga BBM berdampak pada penjualan mobil bekas khususnya yang bermesin diesel.

“Penjualan yang diesel saat ini lebih lambat, berlaku untuk semua model karena adanya kenaikan BBM,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/14/131200015/imbas-kenaikan-bbm-mobil-diesel-bekas-sepi-peminat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.