Salin Artikel

Masuk Musim Hujan, Ingat Pentingnya Melakukan Pengecekan Kaki-kaki

SEMARANG, KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi, membuat beberapa jalan-jalan tergenang air. Karena itu,  mudah saja menemukan kubangan air yang berbahaya bagi pengendara. 

Selain keselamatan berkendara, lubang yang tertutup genangan air berpotensi menyebabkan kaki-kaki mobil bermasalah. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. 

Untuk itu, perawatan kaki-kaki haris diperhatikan. Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas mengatakan, nomor satu dan prioritas setelan spooring dan balancing roda harus di cek.

Selain, kunci keseimbangan komponen suspensi dan steering, kerusakan kaki-kaki dapat diketahui mudah dari setelan spooring. 

"Keseluruhan kondisi kaki-kaki mobil masih layak digunakan atau tidak, bisa di cek dari setelan spooring roda. Sebab, bila ada satu komponen steering atau suspensi bermasalah, dampaknya ke handling dan kestabilan kendaraan," ucap Sapto kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022). 

Shockbreaker bocor atau ayunan sudah melemah, bisa terjadi karena mobil sering menghajar lubang. Sebelum terdeteksi, kerusakan shockbreaker imbasnya permukaan ban bagian samping berpotensi botak alias, termakan sebelah.

Dengan cek kondisi spooring dan balancing, akan diketahui darimana saja sumber kerusakan komponen kaki-kaki. 

Suspensi yang lemah, pengaruhnya langsung terhadap handling dan kestabilan, terutama dalam kecepatan tinggi. Setir jadi gampang lari, atau mobil akan limbung jika melewati tikungan. 

"Shockbreaker bocor jarang diketahui, padahal fungsinya sangat penting. Selain kenyamanan, kestabilan steering terpengaruh. Gejala kerusakan bisa dirasakan dari setir narik ke satu sisi, baik kanan atau kiri," kata dia. 

Kemudian dilanjutkan dengan cek komponen steering, mulai tie rod dan ball joint. Sebab, bila salah satu dari keduanya sudah oblak, maka setir mobil jadi liar. 

"Tidak perlu diurut satu persatu. Saat dilakukan cek setelan spooring roda, pasti kedua komponen itu lebih dahulu dilakukan inspeksi sebelum komponen lainnya," kata dia. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, komponen kaki-kaki mobil itu berhubungan satu sama lain. Salah satu saja bermasalah, dampaknya bisa menjalar dan mempengaruhi kinerja bagian lainnya. 

"Semua komponen tugasnya beda-beda tapi saling berhubungan. Bila ada satu yang rusak, maka ada perubahan bantingan suspensi atau handling mobil. Nah, hal ini akan mempengaruhi beban kerja komponen lain. Bila dibiarkan bisa saja timbul masalah di titik yang berbeda," kata Bambang. 

Perawatan kaki-kaki gampang sekali dilakukan oleh pemilik mobil. Misalnya bisa saja sambil cuci mobil sekaligus memeriksa satu persatu kondisi fisik shockbreaker.

Dari keempat shockbreaker, ada yang bermasalah satu saja, maka keseimbangan mobil terganggu. Padahal, pengaruhnya terhadap kenyamanan dan handling mobil. Setir mobil liar atau narik ke salah satu sisi. Hal ini jika dibiarkan ban bisa habis sebelah. 

"Shockbreaker mati satu, otomatis titik tumpu bobot mobil pindah ke salah satu sisi. Setelan roda otomatis tidak presisi, putaran roda pada titik itu cenderung menekan kedalam atau keluar," ucapnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/13/113100115/masuk-musim-hujan-ingat-pentingnya-melakukan-pengecekan-kaki-kaki

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.