Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Supercar KTM X-Bow GT-XR Resmi Meluncur, Diproduksi Cuma 100 Unit

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM resmi meluncurkan supercar pertamanya yang legal dikendarai di jalan raya, yakni X-Bow GT-XR. Mobil ini diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, hanya 100 unit di dunia.

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (7/9/2022), X-Bow GT-XR sangat mirip dengan mobil balap GTX dan GT2 buatan KTM dari segi eksterior. Mobil ini menggunakan monocoque dari serat karbon dan pipa baja berkekuatan tinggi. Sehingga, bobotnya hanya 1.130 kg.

Soal dapur pacu, KTM membekalinya dengan mesin Audi berkapasitas 2.5 L, 5-silinder plus turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 500 Tk pada 6.350 rpm dan torsi 581 Nm pada 5.550 rpm.

Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi dual clutch 7-percepatan. Tenaga yang dihasilkan dialirkan ke roda belakang dengan bantuan limited slip differential.

Untuk kemampuan akselerasinya, GT-XR mampu melaju hingga 100 Kpj dalam 3,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim tembus 280 Kpj.

Meskipun KTM memprioritaskan penggunaan mobil ini di trek, tapi pabrikan asal Austria tersebut mengklaim mobil ini cocok untuk dikendarai harian.

Mengintip bagian kabin, terlihat desain interiornya dihiasi dengan serat karbon. Nuansanya juga kental dengan aura balap. Joknya saja menggunakan sabuk pengaman empat titik.

Kabarnya, 100 unit tersebut akan diproduksi setiap tahunnya. Untuk harganya sendiri, mobil ini akan dipasarkan dengan 284.900 euro atau sekitar Rp 4,2 miliaran.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/08/102200515/supercar-ktm-x-bow-gt-xr-resmi-meluncur-diproduksi-cuma-100-unit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke