Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Kesalahan Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Cepat Rusak | Ini Sanksi jika Telat Melakukan Perpanjangan SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomatik berbeda dengan manual. Transmisi otomatik dibuat untuk memudahkan pengemudi tapi bukan berarti cara mengendarai mobil matik bisa seenaknya saja.

Sekali atau dua kali melakukan kesalahan tidak masalah, tapi bila sudah menjadi kebiasaan maka kesalahan kecil bisa mendatangkan kerusakan pada transmisi mobil matik.

Selain itu, Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku selama 5 tahun sejak tanggal pembuatan. Pemilik kendaraan bermotor harus melakukan perpanjangan sebelum tanggal tersebut.

Perlu diketahui, telat satu hari pun maka masa berlaku SIM akan tetap dianggap sudah habis. Pemilik kendaraan bermotor kemudian harus melakukan pembuatan ulang.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Rabu (7/9/2022).

1. Kesalahan Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Cepat Rusak

Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis, Hermas Efendi Prabowo mengatakan, kesalahan pengemudi mobil matik ialah tidak menunggu putaran mesin idle dan langsung jalan.

“Jika RPM (putaran mesin) tinggi dipaksa pindah dari N ke D sebetulnya ada semacam penyambungan mekanikal yang kasar. Hal itu berpotensi merusak komponen-komponen mekanikal,” ujar Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

2. Ini Sanksi jika Telat Melakukan Perpanjangan SIM

Ada sanksi yang harus dihadapi oleh pemilik kendaraan yang terlambat melakukan perpanjangan SIM, yaitu dengan melalui proses penerbitan ulang layaknya pembuatan SIM untuk pertama kalinya.

Artinya, pemilik kendaraan harus mengulang proses mulai dari ujian teori hingga ujian praktik. Ini tidak perlu dilalui pada proses perpanjangan SIM.

3. Saat Mobil Berhenti di Lampu Merah, Lebih Baik Rem Tangan atau Tidak?

Saat sedang berhenti di lampu merah tak sedikit pengemudi mobil yang menarik tuas rem tangan. Alasannya karena lebih aman serta membebaskan kaki dari menginjak pedal rem.

Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana menjelaskan hal tersebut kurang tepat. Hal yang disarankan ialah justru menetralkan transmisi dan menginjak rem bukan dengan menarik rem tangan.

4. Berencana Beli Mobil Listrik, Cek Daftar Harganya per September 2022

Harga bahan bakar minyak (BBM) semakin naik, baik BBM bersubsidi maupun non subsidi. Sebagian orang mulai berpikir untuk beralih ke mobil listrik.

Sekarang ini, pilihan mobil listrik di Indonesia cukup beragam. Bukan hanya modelnya, tapi harga yang dibanderol juga sangat bervariatif.

5. Honda Sudah Tahu Solusi Harga Mobil Listrik Bisa Terjangkau

Mobil listrik masih belum banyak diterima oleh masyarakat luas. Sebab, harganya yang masih terbilang tinggi. Tapi, Honda ternyata sudah mengetahui solusinya.

Dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (7/9/2022), solusi yang dimaksud adalah baterai solid-state. Teknologi ini merupakan baterai mobil listrik berisi kimia berbentuk padat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/08/060200015/-populer-otomotif-kesalahan-pengemudi-mobil-matik-yang-bikin-transmisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke