Salin Artikel

Resmi, Tarif Bus AKAP Kelas Ekonomi Naik 30 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno resmi mengumumkan kenaikan tarif bus AKAP Ekonomi, Rabu (7/9/2022).

"Untuk kenaikan tarif angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kelas ekonomi, itu perlu penyesuaian berkaitan dengan kenaikan harga bbm, biaya awak bus, iuran kesehatan dan ketenaga kerjaan, penyesuaian harga kendaraan dan sparepart," ucapnya dalam Press Conference Penyesuaian Tarif Ojek Online dan Bus AKAP kelas Ekonomi, Rabu (7/9/2022).

Hendro mengatakan, untuk tarif angkutan AKAP kelas Ekonomi sejak 2016 sampai 2022 belum pernah mengalami kenaikan tarif. Oleh karena itu, dengan adanya kenaikan harga BBM subsidi, tarif bus perlu disesuaikan.

"Makanya perlu ada penyesuaian tarif, yaitu tarif dasar sebesar Rp 159 per penumpang per kilometer. Ada kenaikan dari tarif dasar 2016 yang hanya Rp 119 per penumpang per kilometer," ucap Hendro.

Secara rinci, Hendro menjabarkan kenaikan tarif batas bawah dan atas di Wilayah I yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Tarif batas atas yang semula Rp 155 per penumpang per kilometer jadi Rp 207 atau naik 33,5 persen.

Kemudian untuk batas bawahnya, jadi Rp 128 per penumpang per kilometer. Tarif tersebut naik dari Rp 95 di 2016 atau naik sekitar 34,7 persen.

Sedangkan untuk Wilayah II yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur, tarif batas atas jadi Rp 227 per penumpang per kilometer. Tarif tersebut naik dari Rp 172 atau sekitar 31,9 persen.

Lalu untuk tarif batas bawah di Wilayah II jadi Rp 142 per penumpang per kilometer, naik dari Rp 106 naik atau sekitar 33,9 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/07/130100215/resmi-tarif-bus-akap-kelas-ekonomi-naik-30-persen

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.