Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Jenis SIM yang Ada di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor.

Dokumen ini menjadi salah satu legitimasi atau bukti kompetensi seseorang dalam berkendara. Pengendara yang tidak membawa SIM saat berkendara dapat dikenakan tilang dan denda dari pihak kepolisian.

Untuk mengurus SIM, pemilik kendaraan bermotor bisa menghampiri Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).

SIM sendiri terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu SIM perseorangan dan SIM umum untuk kendaraan umum pemilik. Masing-masing golongan juga terbagi lagi berdasarkan jenis kendaraan yang dipakai serta keahlian pengemudi yang menjadi syarat.

Mengacu pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, berikut ini rincian jenis-jenis SIM yang berlaku di Indonesia.

SIM perseorangan

SIM Umum

  • SIM A umum, untuk mengemudikan ranmor dengan jumlah berat paling tinggi 3.500 kg.
  • SIM BI umum, untuk mengemudikan ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg, berupa mobil bus umum dan mobil barang umum.
  • SIM BII umum, untuk mengemudikan ranmor berupa kendaraan alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan umum.

Di samping itu, ada juga SIM internasional yang bisa diperoleh pengemudi kendaraan bermotor, setelah memiliki SIM ranmor perseorangan atau SIM ranmor umum. 

SIM internasional bisa diterbitkan di Indonesia atau negara lain. SIM internasional yang diterbitkan di Indonesia hanya berlaku di wilayah negara lain. 

Sedangkan SIM internasional yang diterbitkan di negara lain berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia, berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lalu Lintas Jalan atau perjanjian internasional lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/07/111200715/ketahui-jenis-sim-yang-ada-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke