Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Membeli Mobil Bekas dari Tangan Kedua


JAKARTA, KOMPAS.com –  Membeli mobil bekas menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak orang untuk mendapatkan kendaraan.

Harga yang lebih minim dari mobil baru tentunya akan menekan anggaran pengeluaran. Saat ini ada banyak layanan jual beli mobil bekas dengan unit dan juga harga yang beragam.

Kondisi mobil bekas yang ada di pasaran juga bermacam-macam, bahkan ada yang telah melalui proses dari beberapa tangan atau pemilik. 

Biasanya mobil bekas dari tangan kedua dan seterusnya cenderung dihindari lantaran dianggap memiliki kondisi yang kurang baik.

Namun ternyata tidak semua mobil bekas yang pernah digunakan oleh beberapa pemilik memiliki kondisi buruk. Banyak mobil bekas yang bukan dari tangan pertama justru punya kondisi yang baik dan layak jadi pertimbangan.

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 mengatakan jika ada beberapa cara untuk memilih mobil bekas dari tangan kedua merupakan kendaraan yang layak.

“ Pastikan membeli dari orang atau pihak yang terpercaya. Cek juga kondisi fisik kendaraan,meliputi rangka mobil, bodi, mesin, kaki-kaki ,interior dan lainnya,” kata Bayu kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Bayu juga menyarankan untuk memeriksa keabsahan dokumen kendaraan. Termasuk jika dokumen terkait pelanggaran hukum.

Periksa juga historikal perawatan kendaraan tersebut. Pastikan nomor rangka dan nomer mesin sesuai dengan dokumen kendaraan tersebut.

Jika merasa tidak mahir dalam melakukan pengecekan mobil,maka bisa minta bantuan bengkel resmi agar mengetahui apakah ada kondisi yang fatal.

“Yang jelas gak mungkin mobil bekas sempurna,namun meminimalisir kondisi fatal,” kata Bayu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/03/140200215/cara-aman-membeli-mobil-bekas-dari-tangan-kedua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke