Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Kendaraan Berhenti dan Parkir di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan di jalan raya ada aturannya. Oleh karena itu, kerap terlihat berbagai rambu yang menandakan dilarang stop atau berhenti dengan logo S dicoret, begitu juga ada rambu dilarang parkir.

Sebenarnya, kerap terlihat juga pengemudi yang berhenti di rambu dilarang parkir. Ketika diingatkan agar kembali berjalan, pengemudi tadi berdalih kalau dia cuma berhenti, bukan parkir dan tidak melanggar rambu.

Lalu sebenarnya bagaimana membedakan antara parkir dengan berhenti?

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, berhenti adalah kondisi di mana kendaraan diam di tempat yang diperbolehkan, aman, mesin masih hidup.

"Pengemudi juga masih di belakang kemudi, posisi rem parkir off dan pedal rem diinjak supaya kendaraan tidak bergerak. Jadi sifatnya hanya sebentar," kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Sedangkan parkir, kendaraan diam di area parkir yang aman dan mesin dalam kondisi mati. Pengemudi juga sudah meninggalkan tempat duduknya, rem parkir diaktifkan.

"Kalau parkir sifatnya bisa sebentar atau lama," kata Sony.

Sedangkan kalau merujuk ke Undang-Undang No. 22 tahun 2009, dijelaskan arti dari berhenti dan parkir di Pasal 1. Berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Sedangkan parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.

Kemudian untuk pelanggar rambu dilarang berhenti atau parkir bisa dikenakan Pasal 287 Ayat 3, ancaman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/30/192100015/ini-bedanya-kendaraan-berhenti-dan-parkir-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke