Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan CVTC dan Double CVTC pada Mobil Nissan

JAKARTA, KOMPAS.com - Continuously Variable-Valve Timing Control (CVTC) adalah teknologi yang dimiliki oleh Nissan dalam meningkatkan kualitas berkendara.

CVTC sudah dikenalkan oleh Nissan sejak 2005, pada mobil X-Trail T30. HIngga sampai saat ini Nissan masih menerapkan teknologi tersebut pada mobil-mobil keluaran baru.

Sedikit berbeda dengan CVTC pada saat pertama kali meluncur, kini mobil-mobil keluaran Nissan sudah menggunakan Dual CVTC. Lantas, apa bedanya dengan CVTC biasa?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan dual CVTC merupakan teknologi penyempurnaan.

“Bedanya, dari komponennya tentu saja beda, dual CVTC tidak hanya mendampingi camshaft untuk katup isap, tapi juga disediakan CVTC khusus untuk camshaft katup buang, sehingga katup yang dimainkan dua-duanya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Dia mengatakan katup isap dan buang bisa diatur waktu membuka dan menutupnya secara otomatis. Hal ini membuat performa mesin menjadi semakin bagus.

“Tidak hanya bisa mempercepat katup masuk membuka saat akselerasi, tapi juga bisa memperlambat katup buang membuka, sehingga tidak ada bahan bakar baru yang ikut keluar bersama gas sisa pembakaran,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan dual CVTC ini berupaya mengejar hemat konsumsi bahan bakar sekaligus mengejar tenaga maksimal dari mesin. Pengubahan waktu membuka katup ini cukup efisien, buktinya tidak hampir semua pabrikan memiliki teknologi semacam ini dengan sebutan yang berbeda-beda.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/27/180200315/perbedaan-cvtc-dan-double-cvtc-pada-mobil-nissan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.