Salin Artikel

Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Emosi di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Emosi para pengguna jalan saat ini nampaknya lebih mudah tersulut. Jadi ketika ada di jalanan, harus ekstra hati-hati, jangan sampai membuat orang lain emosi.

Bisa dibilang, saat ini jalanan di Indonesia makin semrawut, banyak penggunanya yang bisa membuat amarah. Tapi, sebelum melampiaskan emosi kepada orang lain di jalanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ada lima hal yang harus diketahui sebelum mau menumpahkan emosi di jalan ke orang lain.

"Pertama, miliki rasa malu melakukan perbuatan tidak terpuji di tempat umum. Pada akhirnya, banyak mata yang melihat dan menilai perbuatan kita dan tingkat intelektual kita," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (27/8/2022).

Kemudian saat sebelum mengemudi, buang segala emosi yang ada. Pengemudi harus paham risiko bahaya yang mengintai ketika kendaraannya dikemudikan oleh emosi.

"Ketiga, ada pasal-pasal hukum yang akan menindak perbuatan kita apabila melanggar atau menciptakan korban," ucap Sony.

Kemudian, tidak ada kebaikan dari sebuah perbuatan yang negatif. Kalau emosi ini dibiarkan, maka akan menjadi perilaku buruk yang sulit diubah ketika menyetir.

"Terakhir, biasakan belajar dari masalah yang timbul akibat perbuatan yang salah. Lakukan evaluasi kedepannya untuk membangun pribadi yang baik," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/27/172200515/perhatikan-hal-ini-agar-tidak-emosi-di-jalan-raya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.