Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Perlukah Ritual Menyetel Klep Motuba?

KLATEN, KOMPAS.com - Penyetelan klep merupakan ritual penting bagi tiap mobil yang melakukan servis. Namun, akhir-akhir ini, dengan perkembagan teknologi yang signifikan, banyak perubahan pada mobil baru.

Sehingga, hampir semua mobil modern sudah tak memerlukan setel klep secara rutin. Lain halnya dengan mobil tua bangka atau motuba, mungkin masih ada mobil yang membutuhkan penyetelan klep.

Hal ini disampaikan Mantan Mekanik Mazda sekaligus Foreman Nissan Bintaro Ibrohim yang menjelaskan, beberapa motuba mungkin masih membutuhkan penyetelan klep karena tidak.

“Seperti Mazda 626 Capella, meski itu mobil tua keluaran tahun 1988, dia sudah menggunakan sistem hydraulic lash adjuster (HLA), jadi tidak perlu melakukan penyetelan katup lagi, itu sudah otomatis,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Dia mengatakan sistem HLA memastikan klep dan pelatuknya selalu menempel dengan bantuan tekanan oli. Sedangkan beberapa motuba yang masih membutuhkan penyetelan klep hanya beberapa saja.

“Untuk memastikan ya perlu memeriksa mekanisme klep pada masing-masing mobil, jika masih ada setelan klepnya ya masih perlu melakukan penyetelan bila dibutuhkan,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan, penyetelan klep tidak diperlukan setiap servis, biasanya kalau suara klep sudah mulai berisik saja.

Dengan melakukan penyetelan maka dipastikan jarak klep dengan pelatuknya tidak terlalu rengggang atau mepet.

“Jika renggang ya bunyi berisik, tapi kalau terlalu mepet berpeluang membuat klep tidak menutup sempurna, maka dari itu harus ada celahnya walau hanya sangat kecil,” ucap Ibrohim.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/26/183100315/masih-perlukah-ritual-menyetel-klep-motuba-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke