Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Matikan AC Konsumsi BBM Jadi Lebih Irit?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tips menghemat bahan bakar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misal, cara yang umum dilakukan adalah dengan mematikan AC ketika sedang mengemudi.

Mematikan AC memang mengorbankan kenyamanan dari pengemudi, tapi hal ini bisa menghemat BBM. Tapi seberapa besar pengaruhnya dibandingkan dengan menyalakan AC selama mengemudi?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, anggapan tersebut benar adanya. Namun, tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar.

“Kalau AC dimatikan, tapi akselerasi dan pengereman mendadak tetap dilakukan, maka tidak ada pengaruhnya. Buka jendela juga, kalau terlalu lebar dan kecepatan mobil cukup kencang (lebih dari 60 kpj), tidak berpengaruh,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jendela yang terbuka, bisa membuat angin masuk ke kabin dan membuat laju mobil agak tertahan. Sebenarnya daripada mematikan AC, lebih baik mengubah cara mengemudi jadi lebih hemat.

“Pertama, biasakan melakukan perpindahan gigi (transmisi manual) pada putaran 2.000 - 3.000 rpm. Kemudian, hindari akselerasi dan pengereman mendadak bila tidak diperlukan,” kata dia.

Selain itu, bisa juga dengan memerhatikan tekanan udara ban. Pastikan sebelum mengemudi, tekanan udara semua ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan

“Terakhir, gunakan BBM yang sesuai spesifikasi kendaraan atau rekomendasi pabrikan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/26/120200015/mitos-atau-fakta-matikan-ac-konsumsi-bbm-jadi-lebih-irit-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke