Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Australia Mau Terapkan SIM Khusus Supercar, Bagaimana Indonesia?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya, diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Dokumen tersebut yang menunjukkan bahwa seseorang layak dan bertanggung jawab untuk mengemudikan suatu kendaraan.

Belum lama ini, terjadi kasus kecelakaan yang cukup mengenaskan di Australia. Pengemudi supercar yang kehilangan kendali mobilnya menabrak remaja berusia 15 tahun hingga meninggal dunia.

Dikutip dari Paultan.org, Kamis (25/8/2022), di Australia muncul wacana untuk membuat SIM khusus pengemudi supercar. Selain itu, diwajibkan juga pelatihan khusus untuk para pengemudi tersebut.

Untuk Indonesia, SIM A yang diperuntukkan mengemudi mobil masih tergolong umum. Artinya, jenis mobil apapun, tetap menggunakan SIM A. Berbeda dengan pengendara sepeda motor atau pemilik SIM C yang digolongkan menjadi beberapa macam.

Budiyanto, pengamat masalah transportasi, mengatakan, dari aspek yuridis, yang mendasari untuk pemberlakuan SIM di Indonesia belum ada aturan yang mengatur tentang SIM khusus untuk pengemudi supercar.

"Menurut hemat saya mengemudikan mobil supercar dilihat dari desain bodinya, batas maksimal kecepatan, dan tingkat kesulitan dan resiko yang dapat terjadi, memang diperlukan kemampuan yang memadai dengan cara memberikan pelatihan khusus," ujar Budiyanto, kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Budiyanto menambahkan, mungkin apabila akan diterapkan di Indonesia, perlu ada kajian dari beberapa aspek, termasuk aspek yuridisnya, karena memang di Indonesia belum ada aturan yang mengatur.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, dirinya mendukung adanya SIM khusus untuk pengemudi supercar.

Menurutnya, regulasi tersebut dibuat karena pertimbangan bahaya-bahaya kecelakaan akibat kurangnya pemahaman akan kendaraan tersebut.

"Di negara mana pun sudah sebaiknya aturan tersebut dibakukan untuk keamanan, karena di Indonesia baru roda dua yang diterapkan SIM khusus," kata Sony.

Menurutnya, bukan masalah jumlah pengemudi supercar yang sedikit atau terbatas. Tapi, kepedulian pembuat kebijakan dalam mencegah bahaya-bahaya yang akan timbul akibat pengemudi yang tidak kompeten bisa berimbas kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/25/185210215/australia-mau-terapkan-sim-khusus-supercar-bagaimana-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke