Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Motuba Lebih Hemat BBM

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil tua bangka alias motuba, banyak yang masih menggunakan karburator pada sistem pencampuran bahan bakar dan udara.

Hal itu tentu saja tidak seefisien mesin-mesin modern yang sudah menggunakan injektor dan sistem yang lebih lengkap.

Karena itu, upaya menghemat bahan bakar pada motuba tidak bisa mencapai hasil yang sama dengan mesin modern. 

Pemilik Bengkel Juna Speed Hariono mengatakan, penghematan bahan bakar pada motuba bisa dilakukan dengan memaksimalkan setelan mesin.

“Sebagian orang percaya dengan alat penghemat bahan bakar atau obat-obatan aditif, tapi saya lebih percaya pada pemaksimalan setelan mesin, jika mesin sudah disetel maksimal, dan hasilnya bagus, maka itu sudah cukup,” ucap Hariono kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Lebih lanjut Hariono menjelaskan, setelan mesin merupakan kunci utama untuk performa, hal itu juga sangat berkaitan dengan konsumsi bahan bakar.

“Bila hasilnya bagus, businya dicek setelah melakukan penyetelan dan pembersihan sebelumnya kok sudah tidak hitam, maka itu sudah maksimal, kalau pelanggan masih mengatakan masih boros, ya mohon maaf itu memang kemampuan mesinnya seperti itu,” ucap Hariono.

Hariono mengatakan, untuk mobil-mobil tua yang masih menggunakan karburator memang tidak bisa dibandingkan dengan mesin-mesin modern.

Dari segi teknologinya saja sudah berbeda, maka dari itu kemampuan dasar mesinnya bisa dipastikan juga berbeda dalam menghemat bahan bakar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/24/153100115/bikin-motuba-lebih-hemat-bbm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke